Hai, Kolaborator Perjuangan !
.
Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Hal ini dimulai saat diakuinya batik pada sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak-benda yang diselenggarakan oleh UNESCO di Abu Dhabi, pada tanggal 2 Oktober 2009. Pada sidang tersebut batik resmi terdaftar sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Tak Benda Warisan Manusia (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).
.
Batik merupakan kain yang dilukis dengan cairan lilin malam menggunakan alat bernama canting untuk menghasilkan pola-pola tertentu pada kain. Kata batik dirangkai dari kata ‘amba’ yang berarti kain yang lebar dan kata ‘tik’ berasal dari kata titik. Artinya, batik merupakan titik-titik yang digambar pada media kain yang lebar sedemikian rupa sehingga menghasilkan pola-pola yang indah.
.
Pembatikan di Indonesia, sudah dimulai pada masa kerajaan Majapahit. Kemudian berlanjut dimasa kerajaan Mataram, lalu kerajaan Solo dan Yogyakarta. Batik juga mulai dikenal oleh masyarakat luar negeri sejak diperkenalkan Presiden Kedua Indonesia, Soeharto, pada pertengahan tahun 80-an dengan memberikan batik sebagai cinderamata bagi tamu-tamu negara.
.
Segenap pengurus BEM Universitas Riau Kabinet Sri Indrapura mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional. Yuk bangga memakai batik! ? Tunjukkan cinta dan tanggungjawab mu dalam menjaga warisan budaya nasional Indonesia yang diakui oleh dunia. ?

Hidup Mahasiswa ! Hidup Rakyat Indonesia !

#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemenkominfo #SelamatHariBatikNasional
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI
.
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020