Hai, Kolaborator Perjuangan !
.
Setiap tanggal 23 Maret diperingati sebagai Hari Meteorologi Sedunia atau World Meteorological Day. Peringatan ini pertama kali muncul di tahun 1950 pada tanggal 23 Maret, dibentuknya sebuah badan spesialisasi di bidang Meteorologi yang berada di bawah naungan PBB bernama World Meteorological Organization (WMO). Pada tahun 2020 ini, perayaan Hari Meteorologi Dunia mengusung tema “Climate and Water” yang berorientasi pada isu perubahan cuaca dan air atau “climate change and water”. Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi beserta gejalanya, terkait dengan komponen bumi yang berupa gas atau biasa disebut udara. Di Indonesia, sejarah pengamatan meteorologi dimulai pada tahun 1841 yang diawali dengan pengamatan oleh Dr. Onnen, Kepala Rumah Sakit di Bogor, yang akhirnya berkembang sehingga diperlukan sebagai data pengamatan cuaca dan geofisika. Pada tahun 1950 Indonesia secara resmi masuk sebagai anggota Organisasi Meteorologi Dunia.

Pada tahun 2008 melalui Perpres No.61 Tahun 2008, Badan Meteorologi dan Geofisika berganti nama menjadi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dengan status sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen. Kemudian pada tanggal 1 Oktober 2009, UU Republik Indonesia No. 31 Tahun 2009 tentang BKG disahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hingga kurun waktu tersebut, BMKG mengalami beberapa kali perubahan nama dan alih fungsi.

Segenap pengurus BEM Universitas Riau Kabinet Sri Indrapura mengucapkan selamat Hari Meteorologi Sedunia. Mari bersama kita berperan aktif dalam memperlambat perubahan iklim serta bijak dalam penggunaan air.
Hidup Mahasiswa ! Hidup Rakyat Indonesia !

#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemenlindup #SelamatMeteorologiSedunia
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI
.
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020