Hai, Kolaborator Perjuangan!
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Informasi merupakan sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan sesuatu yang bisa dipahami dan memberikan manfaat bagi penerimanya. Informasi dibutuhkan oleh setiap orang, entah itu untuk memperbaharui pengetahuan, bahan beropini atau dasar dalam membuat keputusan. Salah satu rangkaian cara untuk mendapatkan informasi saat ini adalah melalui berita media sosial.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Sayangnya, masih banyak berita yang tersebar penuh dengan kontroversi dan tanpa data pendukung. Demi keuntungan finansial beberapa pihak dan demi kata Viral yang sudah menjadi salah satu tujuan dalam kehidupan bersosial media. Tak jarang banyak berita hoaks yang dijumpai. Hoaks sendiri adalah rangkaian informasi yang sengaja disesatkan. Namun dijual sebagai kebenaran atau sering disebut sebagai ‘fake News’ yaitu informasi yang tidak memiliki landasan fakta yang jelas.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Mari cerdas dan bijaklah dalam bersosial media kenali hoaks dengan cara berikut:
● Perhatikan judul berita
● Cermati alamat situs
● Perhatikan sumber berita
● Cek kebenaran berita bedakan antara opini dan fakta
● Periksa keaslian photo
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Jangan lupa saring sebelum sharing, masyarakat cerdas beritanya jelas. Sebarkan informasi ini ke teman-temanmu yang lain ya! Jangan sampai kamu dan orang terdekatmu jadi korban dari berita hoaks!?
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Hidup Mahasiswa ! Hidup Rakyat Indonesia !
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemenkominfo #kenaliInformasiHoaks #HindariHoaks
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020