[INFOGRAFIS PILKADA SERENTAK 2020]

Hai, Pejuang Membara!

Pemungutan suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan digelar esok hari, Rabu (9/12) sesuai dengan keputusan Perpu No. 2 Tahun 2020. Pilkada 2020 ini akan digelar di 270 wilayah di Indonesia, meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota.

Penyelenggaraan Pilkada di tengah pandemi Covid-19 ini tentu banyak menuai pro kontra di kalangan masyarakat. Pasalnya, jika di sekian banyak daerah itu terjadi penyebaran Covid-19, tentu akan membawa Indonesia ke jurang darurat kesehatan dan akan berpengaruh besar dalam bidang perekonomian.

Ahli Epidemiologi UGM, Riris Andono Ahmad menilai pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember mendatang berpotensi meningkatkan jumlah kasus Covid-19. Menurutnya, secara teori, kasus Covid-19 akan meningkat ketika tetap melaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) karena khawatir timbulnya klaster baru dan menambah angka positif Covid-19 di kemudian hari.

Melihat kondisi ini, Ahli Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman memaparkan, ada 3 aspek yang harus dipersiapkan matang dalam pelaksanaan Pilkada, yaitu :
1. Petugas penyelenggara harus dipastikan bukan orang yang berisiko, mulai dari faktor komorbid atau penyakit bawaan, usia dan masalah kesehatan lainnya
2. Penyiapan perlindungan atau proteksi
3. Menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) ketika ke TPS.

Bagaimana menurut mu rekan-rekan? Sudah siap memilih Kepala Daerah di wilayah sekitar mu? Yuk memilih tanpa berselisih, gunakan hak suara kita untuk memilih pemimpin dari hati nurani, bukan hasil politik uang atau manipulasi. Lawan politik uang, karena itu racun demokrasi. Hak pilih tidak bisa dibeli dengan uang atau material apapun, karena satu suara menentukan nasib 5 tahun kedepan. Eitss, tapi jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan ya!

Hidup Mahasiswa! Hidup Rakyat Indonesia! Hidup Perempuan Indonesia!
——-
Presma : Nofrian Fadil Akbar
Wapresma : Fitrah Agra Nugraha
——-
Kementerian Sosial dan Politik
Kabinet Lentera Bertuah
BEM UNRI 2020
.
#BEMUNRI #KabinetLenteraBertuah #KLBMembara #Kemensospol #Pilkada2020