[LENTERA EDUKASI : #1 SPECIAL HEALTHY EDUCATION]

Hai, Pejuang Membara!

Tak terasa waktu semakin cepat berlalu. Sebentar lagi kita akan dihadapkan oleh UAS Semester Ganjil yang menguras banyak tenaga dan pikiran. Well, perasaan cemas dan stres sebelum ujian itu wajar, apalagi di tengah pandemi seperti ini banyak problema yang datang bertubi-tubi. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan stres itu? So, check it out!

➡️Stres adalah cara otak dan tubuh menanggapi setiap permintaan yang berhubungan dengan tantangan dari kinerja di tempat kerja atau sekolah, perubahan hidup yang signifikan atau peristiwa traumatis.

Seiring waktu, ketegangan yang berlanjut pada tubuh kita karena stres dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius loh. Maka dari itu kita harus tau nih cara-cara untuk mengelola stres, yaitu sebagai berikut :
1. Kenali respon tubuh terhadap stres
2. Konsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda atau ahli kesehatan
3. Berolahraga secara teratur
4. Cobalah aktivitas yang menenangkan
5. Tentukan tujuan dan prioritas
6. Tetap jalin komunikasi dengan sekitar
7. Namun jika sudah mulai kewalahan oleh stres, mintalah bantuan dari ahli kesehatan

📢FAKTA MENARIK!
Meski stres banyak dampak negatifnya, tidak semua stres itu buruk. Dalam situasi yang tidak mengancam jiwa, ternyata stres dapat memotivasi diri seseorang, misalnya ketika mereka perlu mengikuti tes atau wawancara untuk pekerjaan baru, mereka akan mempersiapkan diri lebih matang agar meraih hasil yang maksimal.

Sumber : National Institute of Mental Health

“Time and health are two precious assets that we don’t recognize and appreciate until they have been depleted” – Denis Waitley.

Keep strong and stay healthy!
——-
BEM UNRI 2021 Kabinet Lentera Bertuah
Presma : Nofrian Fadil Akbar
Wapresma : Fitrah Agra Nugraha
.
#BEMUNRI #KabinetLenteraBertuah #KLBMembara #KemensosmasKLB #LenteraEdukasi #HealthyEducation #CaraMengelolaStres