[LENTERA EDUKASI : #4 HEALTHY LIFESTYLE]

Hai, Pejuang Membara!

Generasi millenial zaman sekarang, menyebut penyedap rasa dengan sebutan ‘micin’. Micin atau MSG merupakan kependekan dari Monosodium Glutamat. Pernah dengar nggak kata “sodium”? Iya, garam dapur. Emang mirip, sih. Kalau garam dapur, rumus kimianya NaCl. Sementara MSG, molekul Cl-nya diganti dengan glutamat.

MSG sendiri sebenarnya tidak memiliki rasa. Tetapi bila ditambahkan ke dalam makanan, akan terbentuk asam glutamat bebas yang ditangkap oleh reseptor khusus di otak dan mempresentasikan rasa dasar dalam makanan itu menjadi jauh lebih lezat dan gurih.

Tahukah kamu? Dikutip dari International Journal of Food Properties (2017), Asia adalah produsen MSG terbesar, menyumbang sekitar 94% dari kapasitas produksi MSG dunia. Wah, apakah kamu sebagai salah satu produsen langganan micin gais?

Dan pernyataan “MSG bikin bodoh” bukanlah fakta yang benar. Semacam BPOM milik Amerika sudah mengatakan kalau MSG adalah bahan yang aman untuk dikonsumsi asalkan sesuai kadar yang tidak berlebihan. Karena yang bikin bodoh itu gara-gara gak belajar dan malas yaa!?

Yuk simak edukasi seputar micin dengan geser slide di atas!
——-
BEM UNRI 2021 Kabinet Lentera Bertuah
Presma : Nofrian Fadil Akbar
Wapresma : Fitrah Agra Nugraha
.
#BEMUNRI #KabinetLenteraBertuah #KLBMembara #KemensosmasKLB #LenteraEdukasi #HealthyLifestyle