Kawal Demokrasi dan Perpolitikan Indonesia, Kegiatan Forum Mahasiswa Pengawal Demokrasi BEM UNRI Resmi Dibuka

Pekanbaru, (25/02/20) – Forum Mahasiswa Pengawal Demokrasi (FMPD) salah satu kegiatan BEM Universitas Riau melalui Kementerian Sosial dan Politik. Kegiatan yang ditujukan agar mahasiswa juga melek terhadap masalah-masalah negara saat ini, kemudian juga mengenal sistem demokrasi dan perpolitikan di Indonesia. Dengan membentuk suatu Forum Group Discussion (FGD) dan menghadirkan pemateri yang luar biasa. Lalu, dihari berikutnya akan dilanjutkan dengan pengadaan Seminar Nasional mengundang pengamat politik ternama di Indonesia Rocky Gerung. Pada (21/02/20) lalu, kegiatan FMPD resmi dibuka oleh Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Bapak Azhar Kasmi di gedung Rektorat lantai 4 UNRI Panam.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Pak Azhar dalam penyambutannya sempat berpesan, “Dengan isu terkini yang berkembang saat ini sangat tepat tema “Memelihara Kebebasan Demokrasi dan Mencegah Demokrasi Kebablasan” dikemukakan, setelah 22 tahun adanya zaman demokrasi reformasi. Silahkan ikuti kegiatannya dengan baik jangan sampai demokrasi di Indonesia mengalami kebablasan,” ungkapnya.

Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Kondisi Sosial Politik Indonesia oleh Faizal Indra Rangkuti, S.E, Menhad BEM UNRI Kabinet Inspirasi. Saat ini mahasiswa banyak yang kurang tertarik dengan tema perpolitikan, bahkan berdasarkan salah satu riset disebutkan hanya 3% dari mahasiswa yang melek akan politik dan akan meningkat sekitar 75% di waktu-waktu tertentu seperti pada masa pemilu. Sebagai salah satu negara demokrasi reformasi sebaiknya kita tau cita-cita atau tujuan yang akan dicapai oleh suatu negara, mengetahui seluk beluk negara demokrasi. Seperti disebutkan Faizal Indra Rangkuti, “Pilar dari suatu negara demokrasi adalah adanya penyelenggara partai politik (Parpol), kemudian adanya kebebasan sipil/masyarakat, lalu adanya penegakan penegak hukum,” jelasnya.

Parpol yang diisi oleh hal-hal yang tidak sehat akan membuat keropos suatu pondasi negara, sejalan dengan saat ini parpol sering dianggap menjadi musuh dan menimbulkan stigma negatif dari masyarakat. Lalu, hingga saat ini perwujudan kebebasan masyarakat sipil terus terganggu. Dan yang lebih parahnya penegakan hukum hanya secara normatif, namun praktiknya tidak ada yang sesuai. Hukum hari ini dihadirkan hanya untuk memastikan kekuasaan, kepentingan politik pemerintahan dan tidak dihadirkan untuk penegak keadilan.
.
Setelah ishoma dibentuk suatu Forum Group Discussion yang membahas tentang Konsep Demokrasi dan penerapan Demokrasi Indonesia, diskusi berlangsung dengan sangat baik, seluruh peserta training aktif dalam diskusi tersebut. Penyampaian pemateri kedua dilanjutkan oleh Triandi Bimankhalid, S.H, M.H selaku Menteri Hukum dan Advokasi BEM UNRI 2015/2016. Beliau menyampaikan mengenai cara bertahan di dunia demokrasi menurutnya, “Ada 4 cara bertahan didunia demokrasi yaitu harus adanya komunitas ideologi, kemudian harus ada imunitas mental, karena saat ini kebenaran terombang-ambing, banyak yang menyukai keburukan sehingga banyak keburukan yang muncul kepermukaan, untuk itu dibutuhkan mental yang kuat ketika berbenturan dengan hal ketidakbenaran. Cara selanjutnya harus adanya ilmu, kemudian yang terakhir harus menegetahui kebenaran yang bisa didapatkan melalui ajaran agama”
.
Bagaimana mahasiswa bisa membawa pengaruh kebermanfaatan dalam masyarakat menjadi salah satu hal yang ditanyakan pada forum diskusi ini, Triandi Bimankhalid, S.H, M.H menjawab, “Lakukan semuanya dari hal yang sederhana, seperti ikut gotong royong, dan kegiatan positif lainnya. Satu hal yang perlu ditekankan saat ini Indonesia butuh pahlawan dan hendaknya pahlawan saat ini adalah mereka yang memakai almameter yaitu mahasiswa,” tutupnya. (MS)

#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #KemenSospol #RilisKSI #PembukaanFMPD #ForumMahasiswaPengawalDemokrasi #FMPD
______________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN SOSIAL DAN POLITIK
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020