“Grand Opening Desa Vokasi, BEM UNRI Pilih Desa Pulau Sarak Sebagai Desa Binaan”

Pekanbaru (27/02/2020) – BEM Universitas Riau Kabinet Sri Indrapura melalui Kementerian Sosial dan Masyarakat menjadi jembatan untuk mengelola ketersediaan dan potensi desa yang ada. Desa yang akan dikembangkan adalah Desa Pulau Sarak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Pembukaan Desa Vokasi dilaksanakan pada 31/01/2020 lalu di Desa Pulau Sarak. Dihadiri oleh Perwakilan Dinas PMD kampar, perangkat desa, dan masyarakat Desa Pulau Sarak. Desa Vokasi ini bertujuan untuk meningkatkan serta mengembangkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di Desa Pulau Sarak.

Rezki selaku Ketua Pelaksana Desa Vokasi menyampaikan bahwa pihak desa memberikan sambutan hangat atas kegiatan ini.
“Kami sangat senang bahwa ternyata elemen masyakarat desa sangat antusias dengan kegiatan ini, semoga rangkaian agenda yang akan dilakukan kedepannya lebih banyak diikuti oleh masyarakat Desa Pulau Sarak” ungkap Rezki.

Kemudian setelah dilaksanakan pembukaan Desa Vokasi secara resmi dan dibuktikan dengan penandatangan Mou oleh Wakil Presiden Mahasiswa BEM Universitas Riau beserta perangkat desa. Kegiatan Desa Vokasi pertemuan kedua dilanjutkan pada tanggal 14/02/2020 lalu di Desa Pulau Sarak. BEM Universitas Riau melalui Kementerian Sosial Masyarakat bekerja sama dengan Kementerian Ekonomi Kreatif dan Inkubasi untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan secara langsung seperti budidaya hidroponik dan aquaponik.

Rios Apriliyan.S selaku Menteri Sosial Masyarakat mengatakan bahwa desa vokasi ini sangat bermanfaat dan memiliki dampak positif karena masyarakat lebih sadar akan potensi lokal yang dimiliki. “Kegiatan ini sangat bagus sekali, apalagi diterapkan dalam jangka waktu panjang, karena kegiatan ini akan berefek kepada perubahan pola kehidupan masyarakat yang lebih sadar akan potensi lokal yang dimiliki guna membangun ekonomi masyarakat dari sektor rumah tangga” ujar Rios.

Didik Nofriansyah selaku Menteri Ekonomi Kreatif dan Inkubasi juga menyampaikan “bahwasanya Kedepannya BEM UNRI akan membentuk unit usaha dari sumber daya manusia yang ada melalui ibu-ibu yang tergabung dalam PKK dan kelompok tani guna mengembangkan pengolahan produk rumah tangga ini menjadi lebih baik lagi, salah satu nya dengan mengurus PIRT untuk produk olahan yang akan dihasilkan nanti” ujar Didik. (ZL)

.
.
.
.
#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemensosmas #RilisKSI #DesaVokasi1
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN SOSIAL MASYARAKAT
.
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020