Melalui Desa Vokasi, BEM UNRI Tingkatkan Pendidikan dan Potensi Lokal Desa Pulau Sarak

Pekanbaru (27/02/2020) – Dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan Potensi Lokal dan Pendidikan di Desa Pulau Sarak Kabupaten Kampar, BEM UNRI melalui Kementerian Sosial Masyarakat bekerja sama dengan Kementerian Ekonomi Kreatif dan Inkubasi menggelar kegiatan Desa Vokasi (Desa Binaan) yang didalamnya terdapat berbagai macam pelatihan dan sosialisasi untuk mengembangkan Desa Pulau Sarak tersebut.

Kegiatan yang dilakukan pada Jumat 21/02/2020 ini dihadiri oleh Kepala desa Pulau Sarak, Kelompok Tim Penggerak PKK Desa Pulau Sarak, serta masyarakat Desa Pulau Sarak. Berbagai kegiatan pelatihan dan sosialisasi dilakukan guna mengembangkan potensi lokal untuk kedepannya sehingga mempunyai inovasi mengenai hasil potensi dari Desa Pulau Sarak sendiri mulai dari Pelatihan cara produksi pangan olahan yang baik (CPPOB) untuk IRTP ( Industri Rumah Tangga Pangan). Kemudian dilanjutkan dengan Penyuluhan Pengemasan Produk yang baik, serta sosialisasi langsung pembuatan produk olahan lokal Pulau Sarak.

Didik Nopriansyah selaku Menteri Ekonomi Kreatif dan Inkubasi berharap agar potensi Desa Pulau Sarak ini dapat berkembang kedepannya.
“Besar harapan saya terhadap pontensi lokal desa pulau sarak ini dapat berkembang. seperti pengolahan opak, keripik daun ubi dan keripik kulit ubi yang telah diproduksi mampu diolah dan dikelola dengan baik, kedepan target produk ini akan diurus izin pangan industri rumah tangga (PIRT) terlebih dahulu agar produk ini mampu menjejali pasar lebih luas lagi” ujar Didik.

Tidak hanya untuk mengembangkan potensi lokal desa, BEM UNRI juga langsung mengunjungi salah satu sekolah di Desa Pulau Sarak guna membantu untuk mengembangkan dan meningkatkan pendidikan di Desa Pulak Sarak, hal ini dikarenakan kurangnya tenaga pengajar dan masih banyaknya tenaga pengajar yang belum memahami K13 karena minimnya informasi yang mereka dapatkan.

Nurul novria selaku Dirjen Pendidikan Kementerian Sosial Masyarakat berharap agar output dari kegiatan ini dapat membantu dan memajukan sistem pendidikan di Desa Pulau Sarak sendiri.
“Semoga agenda ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta hasil dari agenda ini memang dapat memajukan sistem pendidikan di Desa Pulau Sarak sendiri dikarenakan dari informasi yang didapat untuk tingkat SD saja bisa dibilang masih sangat jauh dari kata berkembang, bahkan mereka kekurangan tenaga pengajar dan masih banyaknya tenaga pengajar yang kurang memahami mengenai K13” ungkap Nurul. (ZL)

.
.
.
.
#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemensosmas #RilisKSI #DesaVokasi2
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN SOSIAL MASYARAKAT
.
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020