“Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa, BEM UNRI Adakan Aksi Teatrikal Bertajuk Kreativitas”

Pekanbaru (05/11/2019)– Peringatan hari cinta puspa dan satwa yang jatuh pada (05/11/2019) dimanfaatkan oleh BEM UNRI melalui Kementerian Lingkungan Hidup untuk mengadakan aksi teatrikal bertajuk kreativitas. Aksi yang dilaksanakan di Kawasan Monumen Perjuangan, Jalan Diponegoro tersebut untuk menumbuhkan rasa kepedulian.

Aksi teatrikal ini memberikan edukasi lebih kepada seluruh masyarakat bahwa Karhutla merupakan permasalahan serius yang dampaknya dirasakan bersama -sama. Meskipun, asap sudah mulai menghilang bukan berarti permasalahan sudah tuntas.

Syafrul Ardi selaku Presiden Mahasiswa mengatakan dalam orasinya, “Terhitung sejak Februari sampai Oktober 2019, Riau masih diterjang permasalahan Karhutla. Karena hanya memikirkan kepentingan sekelompok orang yang ingin memperkaya kantong-kantong mereka,” lantang Syafrul. “Kita bisa lihat korporasi-korporasi yang ada di Provinsi Riau begitu banyak merusaki lingkungan hidup terutama hutan dan lahan. Karhutla bukan seperti yang kita bayangkan. Ini adalah bencana yang sudah diatur untuk memperkaya kantong-kantong korporasi. Satwa dan puspa sudah banyak yang mati. Satwa sudah tidak ada tempat, ketika hewan tersebut keluar mencari perlindungan malah masyarakat justru memperlakukan dengan tidak baik,” lanjutnya.

Aksi tersebut menampilkan adegan tentang kondisi hutan Riau yang awalnya asri dan hijau. Kemudian, pemburu masuk untuk menangkap hewan, bahkan ada yang menyiksa. Menyebabkan hewan tersebut kehilangan tempat tinggal dan ada yang mati.

Lalu, adegan selanjutnya diiringi puisi mahasiswa akan permasalahan yang terjadi oleh hewan dan tumbuhan tersebut. Lalu, dilanjutkan dengan pertunjukan aksi, serta menyebutkan fakta-fakta kekerasan ulah manusia yang dirasakan satwa selama ini.

Hafidz selaku Menteri Lingkungan Hidup berharap bahwa aksi ini bukan hanya sekadar momen peringatan setahun sekali saja, namun bisa menjadi sebuah gerakan kepedulian. “Kita berharap bahwa aksi ini bukan sekadar momen peringatan 1 tahun saja. Lebih dari itu, momen ini menjadi sebuah gerakan kepedulian membangun dan mengajak setiap orang untuk berperan dalam upaya pelestarian alam, baik itu fauna maupun flora. Jangan sampai anak cucu kita hanya bisa melihat gambar dan juga video di YouTube tanpa tau keberadaan mereka.” ujar Hafidz saat diwawancarai oleh Kominfo.
.
#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemenlindup #RilisKSI #AksiTeatrikal #RiauDibakarBukanTerbakar
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP
.
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2019