[BEM UNRI NEWS | RILIS FORUM ADVOKASI KETIGA]
.
● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ●
.
“Pertemuan ke 3, Forum Advokasi Armada Biru Langit Bahas UKT Mahasiswa”

Pekanbaru (23/10/2019)–Pada Kamis (17/10) lalu, Kementerian Hukum dan Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa BEM UNRI mengadakan pertemuan ketiga Forum Advokasi UNRI. Pada agenda tersebut, forum membahas mengenai revisi Uang Kuliah Tunggal tahun 2019 yang sudah dibuka pada tanggal 15 Oktober 2019 sampai dengan 31 Oktober 2019 mendatang.
.
Ari menjelaskan terkait dasar hukum revisi UKT, yakni Pasal 88 UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Lex Specialis (secara khusus) dalam Peraturan Menristek Dikti Nomor 39 Tahun 2017 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi. Pasal 5 menjelaskan bahwasanya Pemimpin PTN dapat memberikan keringanan UKT dan/atau melakukan penetapan ulang pemberlakuan UKT terhadap mahasiswa apabila terdapat ketidak sesuaian kemampuan ekonomi mahasiswa yang diajukan oleh mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayainya, dan/atau perubahan data kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayainya.
.
Oleh sebab itu, BEM UNRI melalui Kemenhadkesma berharap kesempatan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh kelembagaan mahasiswa Universitas Riau untuk membantu mendorong mahasiswa melakukan Revisi UKT. Jika UKT saat ini tidak sesuai atau terjadi perubahan kemampuan ekonomi mahasiswa/orang tua mahasiswa/pihak yang membiayainya.
.
Pembahasan selanjutnya yaitu pemaparan secara rinci mengenai syarat-syarat Revisi Uang Kuliah Tunggal yang telah tertera di surat permohonan Revisi Uang Kuliah Tunggal tersebut, antara lain sebagai berikut:
1. Untuk surat permohonan, surat pernyataan orang tua/wali bermaterai 6000, dan surat keterangan tanggungan orang tua, dapat diambil melalui Sekretariat BEM UNRI, BEM Fakultas, maupun HIMA/HMJ, atau diakses melalui link berikut ini, http://bit.ly/FormRevisiUKT2019.
.
Solusi alternatif bagi mahasiswa perantau tanpa harus pulang kampung, silahkan mengirim file nya kepada orang tua di kampung. Lalu orang tua mengisi dan menandatangani. Kemudian, discan atau foto, hasil scan atau foto dikirim kembali ke mahasiswa, kemudian diprint oleh mahasiswa.
.
2. Mengenai slip gaji. Kalau orang tua tidak ada slip gaji, maka minta surat keterangan tentang penghasilan dari RT/RW.
.
3. Untuk surat tanggungan orang tua yang mengesahkan pihak sekolah/kampus, surat tersebut dapat diperbanyak sesuai jumlah tanggungan anak yang masih sekolah/kuliah. Solusi alternatif lainnya, dapat membuktikan dengan meminta surat keterangan aktif sekolah atau surat keterangan aktif kuliah dari institusi masing-masing.
.
4. Untuk bukti tagihan listrik. Jika tidak ada struk dari PLN, dan tidak diperkenankan menyerahkan struk token. Maka silahkan dibuat melalui surat keterangan pemakaian listrik dari RT/RW.
.
5. Peta lokasi rumah. Mahasiswa dapat membuatnya sendiri dengan menggambar denah lokasi rumahnya atau melalui gambar dari google maps.
.
6. Untuk mahasiswa yang ingin melakukan revisi UKT, dengan kondisi orang tuanya sudah meninggal dunia, cerai, PHK, pensiun, sakit kronis, atau kondisi lain, misalkan memiliki hutang bank, hutang lainnya, agar dapat melampirkan fotokopi bukti surat/aktanya sebagai data pendukung.

.

7. Untuk segala surat, syarat-syarat dan data dukung revisi UKT yang harus diurus di kampung. Bagi mahasiswa yang terkendala pulang kampung dengan berbagai alasan, solusinya dapat meminta orang di kampung mengirim hasil scan atau foto saja. Lalu mahasiswa bersangkutan mengeprint hasil scan atau fotonya.
.
Ramadhana Ari selaku Menteri Hukum dan Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa berharap proses Revisi UKT ini harus benar-benar dikawal, karena prosesnya panjang dan butuh kesabaran dalam menampung aspirasi dan kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa dalam melengkapi berkas-berkas yang harus dipersiapkan untuk Revisi Uang Kuliah Tunggal tersebut.
.
Kemenhadkesma juga menghimbau kepada setiap kelembagaan mahasiswa di Fakultas untuk membuat posko pengaduan UKT, sehingga mahasiswa bisa bertanya maupun mendapatkan akses informasi yang luas dan langsung. (RA/RLM/FLM)
.
#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemenhadkesma #RilisKSI #ForumAdvokasi #UKTMahasiswa
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN HUKUM DAN ADVOKASI KESEJAHTERAAN MAHASISWA
.
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2019