[BEM UNRI NEWS | RILIS FORUM KOMUNIKASI KOMINFO]
.
● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ●
.
“Forkom Perdana, Suci : Fokus Forkom Kita Tahun Ini, Lebih Ke Peningkatan Skill SDM Yang Ada”
.
Pekanbaru (26/09/2019) – Dalam mensinergikan pergerakan bagian komunikasi dan informasi setiap fakultas se-lingkungan Universitas Riau, BEM Universitas Riau melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi mengadakan Forum Komunikasi perdana pada (26/09/2019) di depan sekretariat BEM UNRI.

Selain mensinergikan pergerakan media, Forum Komunikasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di setiap fakultas. Suci Yuliani selaku Menteri Komunikasi dan Informasi mengatakan bahwa pada Forkom tahun ini, bagian komunikasi dan informasinya memang lebih memfokuskan kepada pemberdayaan setiap pengurus agar bisa meningkatkan skill-nya melalui desain grafis, video, website ataupun jurnalistik.

“Untuk Forkom berikutnya, kita akan lebih kepada peningkatan Sumber Daya Manusia yang ada. Harapannya, kita ingin semua skill setiap pengurus bagian media di lingkungan UNRI ini sama-sama bagus. Bisa melahirkan grand desain yang setara dan selalu kita tingkatkan terus. Nantinya, kita akan mengundang pemateri-pemateri yang memang sudah ahli untuk mengajarkan dalam bidangnya. Meskipun nantinya ada yang mencolok lebih bagus, tapi gak begitu jauh perbedaan bagusnya di setiap fakultas yang ada,” ujar Suci.

Forkom perdana ini dihadiri oleh setiap fakultas yang berkesempatan bisa hadir. Sebagai tahap perkenalan dan pendekatan dari Kominfo BEM UNRI.

Sebagai orang-orang yang berkutat di balik layar, bagian Kominfo tentu harus mempunyai media partner untuk diajak kerjasama agar setiap pergerakan yang dilakukan untuk khalayak umum bisa diketahui oleh banyak orang melalui media yang ada. Oleh karena itu, nantinya Kominfo BEM UNRI akan menaungi untuk kunjungan media partner. Namun, bukan mengunjungi secara satuan tapi persatuan.

Untuk menaungi pergerakan organisasi kampus ke depannya, akan membutuhkan pihak media. Salah satu langkahnya, yaitu dengan mengunjungi persatuannya, seperti PWI, IJTI dan persatuan media lainnya yang sudah mendapatkan status resmi oleh Dewan Pers Indonesia.

“Kita sama-sama belajar tentang jurnalistik dari kunjungan itu. Kita bisa belajar lebih dari wartawan dari Riau nya. Harapannya, semua kelembagaan punya jalan yang sama untuk bekerjasama dengan media.” lanjut Suci.

Selain itu, Kominfo BEM UNRI juga diberikan kepercayaan untuk memegang salah satu media lokal yang ada di Riau. Syaratnya dengan penandatanganan MoU dari kedua belah pihak. Untuk penandatanganan ini akan dibuat sebuah seminar terkait media dan mengundang seluruh kelembagaan di UNRI dalam menyaksikan pengesahannya. Media ini nantinya juga akan mempermudah kelembagaan yang ada dalam menaikkan berita ataupun opini mahasiswa. Oleh karena itu, perlu kerjasama dan koordinasi pada setiap fakultas yang ada.

Tidak hanya itu, pembahasan terus berlanjut sampai pembahasan program kerja setiap BEM Fakultas, media partner untuk internal, dan teknisi terkait Sekolah Multimedia dan Jurnalistik.

“Perlu penyamaan dan penyesuian untuk sekolah multimedia dan jurnalistik ini. Agar dari BEM UNRI nya juga bisa mempunyai gambaran terkait konsep pembelajaran dan materinya. Agar mereka nantinya juga bisa lebih meningkatkan lagi skill nya, jadi kita gak tersendat di skill dasar-dasar aja.” jelas Suci.

Suci juga menyarankan kepada setiap fakultas agar membuat kartu pers, karena sangat berguna pada saat peliputan saat aksi. Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa pada tahun ini UKM tidak dilakukan penilaian dan masuk dalam award, karena menilai bahwa UKM sejajar dengan BEM. Namun, pergerakan media mereka akan tetap dipantau oleh BEM UNRI. Sedangkan untuk program peningkatan skill pun UKM akan ikut serta dilibatkan. Akhir kegiatan ditutup dengan foto bersama. (FL)
.
#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemenkominfo #RilisKSI #ForkomPerdana
____________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI
.
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2019