“Melalui Forum Lingkungan, BEM UNRI Sadarkan Masyarakat Mengenai Bahaya Sampah Plastik”

Pekanbaru (11/03/2020) – BEM Universitas Riau melalui Kementerian Lingkungan Hidup menggelar Forum Lingkungan untuk yang ketiga kalinya pada Minggu (08/03/20) lalu. Forum Lingkungan ini dilaksanakan dipendopo dekat Arboretrum Universitas Riau.

Menghadirkan Meyla Suhendra, S.Si, M.Si yang merupakan dosen Biologi FMIPA Universitas Riau sebagai pemateri. Beliau juga aktif didalam komunitas dan organisasi lingkungan.
Berbicara mengenai masalah plastik yang semakin lama semakin tak terbendung. Hal ini dikarenakan plastik sendiri merupakan benda yang sangat sulit untuk terurai. Meskipun sudah dihancurkan plastik akan tetap ada dalam bentuk mikroplastik ataupun nanoplastik. Hal inilah yang membuat sampah plastik menjadi sebuah polemik yang seharusnya kita cari solusinya. Plastik sudah lama menemani kehidupan manusia. Penggunaan yang berlebihan dan pengelolaan yang buruk oleh manusia menjadikan plastik menjadi sumber bencana. Tidak hanya untuk kehidupan manusia sampah plastik bahkan menjadi ancaman yang berbahaya bagi makhluk hidup lain terutama hewan di perairan.

Meyla Suhendra mengatakan banyak hewan laut yang menjadi korban dari sampah plastik baik secara langsung maupun tidak langsung serta ditemukan juga pada aliran darah manusia.
“Selain pada hewan, ditemukan juga plastik dalam ukuran yang sangat kecil di dalam aliran darah manusia, yang lama-kelamaan bisa menyumbat aliran darah” ujar Meyla.

Sehingga diperlukan penyadaran masyarakat mengenai bahaya sampah plastik dimulai dari kawasan kampus.
“Menyadarkan masyarakat adalah salah satu tugas dari mahasiswa, dikarenakan masih kurangnya kesadaran masyarakat mengenai sampah, terutama sampah plastik”. Tambah Meyla.

Hafidzh Wandrifo Indrikh selaku Menteri Lingkungan Hidup mengatakan bahwa permasalahan sampah plastik ini adalah hal yang wajib untuk diselesaikan dan merupakan tanggung jawab kita bersama.
“Permasalahan sampah plastik seharusnya menjadi hal yang wajib untuk diselesaikan. Permasalahan ini tidak memandang latar belakang apapun. Sampah plastik adalah tanggung jawab bersama, oleh karena itu dibutuhkan kerjasama semua pihak agar permasalahan ini dapat diatasi” ungkap Hafidzh. (ZL)
.
.
.
#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemenlindup#RilisKSI #ForumLingkungan
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP
.
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020