“Jelang Aksi 17 September, BEM UNRI Gelar Majelis Reboan Kedua”

Pekanbaru (16/09/2019) – Mengusung tema, “Otentiktualitas Pergerakan Mahasiswa”, BEM UNRI Kabinet Sri Indrapura kembali menggelar Majelis Reboan pada Rabu (11/09/2019) lalu. Kegiatan tersebut menghadirkan Al Fikri selaku Gubernur Mahasiswa Fakultas Hukum Periode 2016/2017 sebagai pemateri di Kesekretariatan BEM UNRI.

Majelis Reboan juga dihadiri oleh aktivis kelembagaan dari masing-masing fakultas. Hal ini dilakukan dalam rangka menuju aksi 17 September yang akan menurunkan massa dalam jumlah yang besar untuk menyelesaikan problematika asap karena Karhutla di Riau. Karhutla Riau terus terjadi dan tidak kunjung ada penyelesaian dari pemerintah. Untuk itu, Mahasiswa menginisiasi gerakan menuntut solusi tuntas, tepat dan cepat atas Karhutla dan dampaknya yang sangat merugikan masyarakat luas. Salah satu dampak negatif dari Karhutla adalah asap yang berakibat pada ISPA. Tercatat sekitar 5.000 penduduk Pekanbaru yang sudah terserang penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut ini.

Dalam menyampaikan materi, Al fikri mengatakan pergerakan mahasiswa harus mempunyai format dan pola yang tepat sesuai dengan kondisi dan keresahan di tengah masyarakat. Tidak hanya itu, pergerakan mahasiswa juga harus bertopang pada naskah akademik. “Pergerakan tidak boleh di kontrol oleh penguasa, harus menjadi gerakan yang independen dan kuat dengan pola dan format yang dibuat.” ujar Al Fikri.

Kegiatan Majelis Reboan membuka ruang diskusi bagi para mahasiswa untuk lebih mengkritisi nalar tentang pergerakan. Pada sesi akhir diskusi, pemateri mengatakan mahasiswa perlu meningkatkan narasi, cakrawala pengetahuan serta wawasan dalam pergerakan dan membangun argumentasi berbasis akademik agar tidak mudah ditumbangkan. Diharapkan dengan adanya pengulasan tentang pergerakan akan menghantarkan keberhasilan pada Gerakan 17 September (G17S) mendatang. Pada pukul 17.16 WIB kegiatan Majelis Reboan ditutup dengan penyerahan plakat dan foto bersama. (IS/FLM)

#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemensospol #Kemenlindup #Rilis #MajelisReboan #Edisi2 #KarhutlaRiau
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN SOSIAL POLITIK
.
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2019