“Karlahut Riau Tak Kunjung Tuntas, BEM UNRI Menggelar Majelis Reboan”
Pekanbaru (06/09/2019)–Melalui Kementrian Sosial dan Politik yang bekerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup, BEM Universitas Riau mengadakan Majelis Reboan perdana. Bertajuk “Ada apa dengan Karlahut di Povinsi Riau? Sudah Tuntaskah?” Fandi Rahman selaku Deputi Direktur WALHI Riau mengupas terkait kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau (04/09/2019). Fandi menjelaskan bahwasanya sebagian besar lahan di Riau merupakan lahan gambut. Gambut merupakan tanah lunak dan basah, terdiri atas lumut dan bahan tanaman yang membusuk. Saat gambut mengering akan sulit menerima air kembali. Hal inilah yang menyebabkan kebakaran hutan dan lahan di Riau sulit untuk dievakuasi.
Selain itu, Riau memiliki banyak lahan yang sudah dikuasai oleh perusahaan atau korporasi. Proses pembukaan lahan yang seharusnya megeluarkan estimasi biaya yang besar, membuat perusahaan atau korporasi enggan melakukannya. Pada akhirnya, mereka memilih jalur pintas yaitu dengan cara dibakar. Dalam hal ini, mereka memperdayakan masyarakat untuk sengaja membakar lahan, agar mereka tidak terkena arang saat pemeriksaan.

Proses penegakkan hukum yang lemah, serta bukti dan data yang kurang, sulit untuk menunjukkan korporasi sebenarnya. “Lemahnya badan hukum di Provinsi Riau, membuat kasus kebakaran lahan dan hutan saat ini sulit diatasi. Kurangnya bukti dan data yang akurat juga menjadi permasalahan besar.” ujar Fandi.

Majelis Reboan yang diadakan di kesekretariatan Badan Eksutif Mahasiswa Universitas Riau semakin memanas saat dibukanya sesi tanya jawab antara peserta dan pemateri. Terdapat enam peserta yang mengajukan pertanyaan, salah satunya adalah pertanyaan terkait bukti bahwa korporasi yang telah membakar lahan dan hutan.

Acara Majelis Reboan ini ditutup dengan pemberian kesimpulan bahwa hilangnya asap bukan berarti permasalahan kebakaran lahan dan hutan di Riau selesai. Kita sebagai mahasiswa masih harus terus mengawal pemerintah untuk menuntaskan permasalahan yang sudah mengakar selama 22 tahun ini. (LS/FL)


#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemensospol #Kemenlindup #Rilis #MajelisReboan #Edisi1 #KarhutlaRiau
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN SOSIAL POLITIK
.
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2019