[BEM UNRI NEWS | RILIS TENTANG PEMBUNGKAMAN AKSI MAHASISWA]
.
● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ●
.
“Menristekdikti Bungkam Aksi Mahasiswa, Ari : Aksi Mahasiswa Itu Sah Sebab Dilindungi UUD 1945”
.
Pekanbaru (04/10/2019) – Pada Kamis (26/09/2019) lalu Mohamad Nasir selaku Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) meminta para rektor universitas untuk mengimbau mahasiswanya agar tak menggelar unjuk rasa.

Menanggapi ultimatum pembungkaman tersebut, pada Sabtu (05/10/2019) pagi BEM UNRI melalui Kementerian Hadkesma bersama rekan-rekan kelembagaan selingkungan UNRI yang bisa membersamai membentangkan spanduk bertuliskan, “Mengecam keras tindakan Menristekdikti yang melarang demo mahasiswa”. Pembentangan spanduk tersebut dilakukan saat kuliah umum mahasiswa Bidikmisi 2019 di PKM Gobah, Jalan Pattimura, yang diisi oleh Prof. Ismunandar, PH.D sebagai Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.

Ramadhana Ari menyampaikan dalam orasinya, “Kepada Dirjen Belmawa Kemenristekdikti, tolong sampaikan kepada Menristekdikti. Kami mahasiswa UNRI mengecam tindakan Menristekdikti yang melarang demo mahasiswa, yang ingin membungkam suara mahasiswa, membungkam demokrasi kita. Bahwa aksi yang dilakukan mahasiswa Indonesia itu sah, sebab dilindungi dan dijamin oleh UUD 1945, UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum, dan deklarasi universal Hak Asasi Manusia.” tegas Ari.

Ari dan rekan-rekan yang lainnya sempat ditarik keluar gedung PKM. Sesaat sampai di luar terjadi perdebatan antara pihak BEM UNRI dengan perwakilan Kemenristekdikti bersama pihak UNRI. (FLM)

#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemenkominfo #Kemenhadkesma #RilisKSI #AksiMahasiswa
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN HUKUM ADVOKASI DAN KESEJAHTERAAN MAHASISWA
.
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2019