[BEM UNRI NEWS | RILIS TENTANG PENCOPOTAN KAPOLDA RIAU]
.
● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ●
.
“Kapolda Riau Dicopot, Syafrul : Kita Akan Terus Kawal Kapolda Riau Yang Baru Untuk Menuntaskan Karhutla Riau”

Pekanbaru (01/10/2019)– Pada (27/03/2019) lalu sejumlah media di Indonesia memberitakan terkait pencopotan Kapolda Riau. Tidak hanya itu, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian juga mencopot jabatan Kapolda di Papua dan Sultra.

Akhir-akhir ini, ketiga daerah tersebut memang menjadi sorotan media, apalagi di Riau, yakni masalah Karhutla dan aksi demo mahasiswa yang memang mendesak dan menuntut pemerintah daerah dan pusat untuk segera mencopot Kapolda. Mengutip pernyataan pada (06/08/2019) lalu, Presiden pun memberikan titah tegas kepada Kapolda, Pangdam dan Danrem untuk mengusut tuntas korporasi pelaku pembakaran hutan dan lahan ini. Apabila tidak terlaksanakan dengan baik, maka jabatan Kapolda dicopot.

Melihat, menganalisa dan mengkaji permasalahan yang sudah terjadi selama 22 tahun, BEM UNRI pun fokus dalam menuntaskan permasalahan Karhutla tersebut. BEM UNRI melakukan kajian, konsolidasi, majelis reboan berkali-kali bahkan sampai turun lapangan melihat keadaan daerah titik api dan ikut turut membantu memadamkannya. BEM UNRI pun lakukan seruan aksi, baik secara turun ke jalan dan aksi media sosial. Puncaknya, saat aksi Gerakan 17 September lalu.
.
Dari beberapa tuntutan yang dibawa BEM UNRI pada saat aksi Gerakan 17 September kemarin menuai hasil, salah satunya adalah terkait pencopotan Kapolda Riau karena dinilai tidak becus dalam menyelesaikan permasalahan Karhutla Riau.

Akhirnya, mengutip dari laman detiknews.com pada Senin (30/09/2019) Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo dimutasi jadi Pati Baintelkam, penugasan di BIN. Posisinya digantikan oleh Irjen Agung Setya Imam Effendi dan sudah dilakukan Sertijab (Serah Terima Jabatan) yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan.

Menanggapi hal itu, Syafrul Ardi selaku Presiden Mahasiswa BEM UNRI pun angkat bicara. Meskipun sudah digantikan oleh Irjen Agung Setya Imam Effendi. Mahasiswa sebagai penyambung lidah rakyat, akan terus mengawal pergerakan Kapolda baru sampai permasalahan Karhutla tidak ada lagi.

“Kita akan terus mengawal Kapolda yang baru agar benar-benar bisa menuntaskan permasalahan kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau. Harapannya Kapolda yang baru benar-benar Kapolda yang memiliki kemampuan untuk menuntaskan permasalahan kebakaran lahan dan hutan ini. Karena saat ini, korporasi sangat tenang maka seharusnya aparat penegak hukum harus tegas ke mereka,” ujar Syafrul saat diwawancarai. (FLM)
.
#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemenkominfo #RilisKSI #AksiMahasiswa #TuntaskanReformasi #RiauDibakarBukanTerbakar
____________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI
.
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2019