Halo Biru Langit!

Ciptakan Organistor yang Unggul, Intelektual, Harmoni dan Kristis, BEM UNRI Bekali Pengurus Melalui Upgrading

Pekanbaru (14/12/2021) — Mengawali kepengurusan ini, BEM UNRI mengadakan Upgrading Umum bagi seluruh pengurus BEM UNRI Periode 2021/2022. Sesuai dengan tema, tujuan dari diadakannya upgrading adalah untuk menciptakan organisator yang unggul, intelektual, harmoni dan kritis di era society 5.0. Kegiatan dilakukan pada Sabtu (11/12) pagi di Rusunawa Universitas Riau dan Zoom Meeting.

Upgrading pengurus ini menghadirkan Fitrah Agra Nurgaha dan Merni Yanti, SE, C.STMI, CF. NLP sebagai pemateri. Pada sesi pertama Agra menyampaikan perbedaan kepengurusan di tingkat universitas, fakultas dan jurusan. Ia sampaikan bahwa di BEM UNRI akan lebih banyak tantangan eksternal daripada internalnya. Yakni pihak pihak yang ingin menjatuhkan dan memanfaatkan suara.

Tanggung jawab selanjutnya adalah pengetahuan mengenai isu-isu yang tengah terjadi. Kemudian juga kesadaran akan tugas dan kewajiban masing masing individu sebagai mahasiswa sekaligus kader BEM UNRI. Selanjutnya pemanfaatan masing-masing kementerian secara maksimal, kecermatan dalam mengelola dana dan salah satu hal yang tak kalah paling penting adalah meningkatkan kinerja pengolahan media untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap BEM UNRI yang merupakan media resmi.

“Gerakan di BEM UNRI bukan hanya aksi saja. Namun juga berupa kesadaran. Kesadaran mengenai isu-isu di sekitar. Dari diri sendiri,” tegasnya. Pemateri mengakui bahwa dalam masa kepengurusannya, memang terdapat beberapa dinamika kendala. Salah satu kendala yang kerap terjadi ialah miskomunikasi.

Selanjutnya pada sesi kedua penyampaian materi oleh Merni Yanti. Ia menyampaikan materi tentang perbedaan Team Building dan Team Work. Team Building dilakukan untuk membentuk tim dari sekelompok individu yang sebelumnya belum pernah berkumpul menjadi suatu hal yang berjuang menggapai tujuan bersama. Sedangkan Team Work adalah suatu kerja tim yang terbentuk di dalam sebuah tim yang terbangun.

Ada tiga masalah yang sering terjadi di dalam team work yaitu ego, komitmen dan komunikasi. Untuk mengatasi tiga masalah tersebut maka ada tiga mindset yang harus ditanamkan dalam diri yaitu greatful, proaktif dan spirit. Ia juga menyampaikan beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menanggapi orang yang memiliki ego tinggi. Pertama, hargai orang tersebut, berikan pujian dan jangan pernah mematahkan usulannya.

Kegiatan ditutup dengan sebuah closing statement yang luar biasa dari pemateri. “Jika kamu tidak menjadi bagian dari penyelesaian, kamu adalah bagian dari persoalan,” ungkap Merni dengan lantang dan memotivasi. (NT)

Presiden Mahasiswa : Kaharuddin HSN DM
Wakil Presiden Mahasiswa : Razali

KEMENTERIAN SEKRETARIS KABINET

BEM UNRI 2021/2022
———————————————————
#BEMUNRI
#BeragamSeirama
#TransisiBiruLangit
#Kemensekab
#RilisUpgradingUmumPengurusBEMUNRI