[PRESS RELEASE : Atasi Masalah Lingkungan, BEM UNRI Siap Bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau]

Hai, Pejuang Membara!

Rabu, (06/01/2021) – Dalam rangka menjalin komunikasi dan silaturahmi, BEM UNRI melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Luar Universitas lakukan kunjungan ke Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau pada Senin (04/01) lalu. Pertemuan ini turut dihadiri oleh jajaran Kemenlindup dan Kemenluniv BEM UNRI serta Sekretaris Dinas LHK Provinsi Riau Bapak Iyus Rizal.

Kunjungan ini diawali dengan pembukaan dari perwakilan BEM UNRI dan perkenalan oleh kedua belah pihak. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian sharing hearing terkait permasalahan dan krisis kebersihan lingkungan yang saat ini sedang dihadapi oleh sejumlah daerah Provinsi Riau. Beberapa hal yang menjadi topik pembicaraan yaitu mengenai kondisi pengelolaan sampah di Riau khususnya Kota Pekanbaru yang masih belum efektif, kabar Kebakaran hutan dan lahan Riau dan perwujudan Nawa Cita, salah satunya program perhutanan sosial.

Yondri Adi selaku Dirjen Lingkungan Kemenlindup BEM UNRI menanyakan terkait permasalahan sampah yang menumpuk di sepanjang Kota Pekanbaru. Tentu hal ini menjadi problem yang harus diselesaikan oleh Dinas LHK akan kebijakan sanksi bagi masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan di sepanjang jalan.

Menurut Bapak Iyus Sekretaris Dinas menyampaikan, dalam hal ini ada koordinasi yang kurang baik antara pihak terkait dalam pengelolaan sampah sehingga terjadinya tumpukan sampah dibeberapa titik, namun DLHK akan berusaha segera mungkin untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Sebaiknya masyarakat dan pemerintah saling membantu dalam menjaga lingkungan. Baik dalam menjaga hutan agar tidak terjadi kebakaran dan menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” tutur Bapak Iyus.

Lebih lanjut, Bapak Iyus juga menjelaskan bahwa saat ini sudah banyak disediakan bank sampah dimana-dimana. “Bank sampah ini dapat menjadi pengurang sampah yang efisien, selain itu hasil daur ulang dapat dijadikan barang pakai dan menghasilkan pemasukan, jadi lebih bermanfaat,” jelasnya.

Daniel Ahmadian Menteri Lingkungan Hidup BEM UNRI menyampaikan harapan terkait adanya komunikasi berkelanjutan dan sinergisitas dengan Dinas LHK Provinsi Riau untuk bersama mewujudkan lingkungan yang lebih baik.

Pertemuan ini berjalan kondusif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan kemudian diakhiri dengan foto bersama. (DA/AHA)

Hidup Mahasiswa! Hidup Rakyat Indonesia! Hidup Perempuan Indonesia!
——-
Presma : Nofrian Fadil Akbar
Wapresma : Fitrah Agra Nugraha
——-
Kementerian Lingkungan Hidup
Kabinet Lentera Bertuah
BEM UNRI 2021
.
#BEMUNRI #KabinetLenteraBertuah #KLBMembara #Kemenlindup #PressRelease