[PRESS RELEASE : Bahas Isu Lingkungan, Kemenlindup BEM UNRI Lakukan Kunjungan ke Walhi Riau]

Hai, Pejuang Membara!

Selasa, (12/01/21) – Dalam rangka menjalin silaturahmi dan membangun kerjasama, BEM UNRI melalui Kementerian Lingkungan Hidup melakukan kunjungan ke Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Riau pada Jumat (08/01) lalu.

Walhi Riau merupakan lembaga non pemerintahan yang aktif dalam memperjuangkan hak-hak lingkungan khususnya di Provinsi Riau. Dalam kunjungan ini disambut langsung oleh Deputi Direktur Walhi Riau Fandi Rahman dan beberapa pengurus lainnya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Diawali dengan saling memperkenalkan diri baik dari BEM UNRI dan juga Walhi, perbincangan berlanjut dengan membahas tentang isu-isu lingkungan terkini yang ada di Riau. Mulai dari penyelesaian kasus yang menjerat korporasi penyebab karhutla, abrasi lahan gambut, hingga permasalahan sampah yang selama dua pekan terakhir menjadi problema khusus di sepanjang jalan Kota Pekanbaru.

Dalam penjelasannya, Fandi mengatakan terdapat 3 hal yang harus dilakukan pemerintah dan masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan yang ada di Riau, yaitu mempublikasikan transparansi data agar masyarakat mengetahui sejauh apa perkembangan yang sudah dijalankan oleh pemerintah, mengembangkan akademisi yang mengkaji tentang lingkungan agar diperoleh data dan potensi lingkungan Riau melalui penelitian, serta mendorong monitoring bersama masyarakat dan pemerintah.

Banyak saran dan juga masukan yang disampaikan oleh Walhi Riau kepada BEM UNRI sebagai Lembaga Mahasiswa yang peduli lingkungan. Fandi menyampaikan bahwa Walhi Riau sangat terbuka kepada siapa saja yang ingin berdiskusi mengenai lingkungan.

“Penting yang pertama kita kawal adalah masukan pemikiran, kemudian kolaborasi dengan pemerintah dalam konteks akademisi. Karena tugas kalian sebagai mahasiswa adalah mengingatkan pemerintah agar berjalan sesuai ketentuan dan koridornya, serta akan kita dorong pemerintah agar berjalan dengan baik dan transparan,” tambahnya

Diakhir, Menteri Lingkungan Hidup BEM UNRI mengucapkan terimakasih atas sambutan hangat Walhi Riau kepada BEM UNRI.

“Dan harapannya melalui silahturahmi ini dapat terjalin hubungan yang baik serta kolaborasi antara Walhi Riau dan BEM UNRI untuk kedepannya,” Tutup Danil Ahmadian selaku Menteri Lingkungan Hidup BEM UNRI. (YW)
——-
BEM UNRI 2021 Kabinet Lentera Bertuah
Presma : Nofrian Fadil Akbar
Wapresma : Fitrah Agra Nugraha
.
#BEMUNRI #KabinetLenteraBertuah
#KLBMembara #KemenlindupKLB #PressRelease #IsuLingkungan