[PRESS RELEASE : Ekonomi Kritis Kuota Kronis, BEM UNRI Gelar Audiensi Dengan Pimpinan Rektorat]

Hai, Pejuang membara!

Pekanbaru, (23/02/2021) – Menindaklanjuti surat edaran Rektor No. 118/UN19/KU.00.00/2021 tentang pembebasan sementara UKT yang dibatasi sampai tanggal 31 Januari 2021, kenyataannya bertolak belakang dengan jadwal pembayaran UKT dengan tenggat waktu 27 Februari 2021. Sedangkan mahasiswa yang akan ujian sarjana diatas tanggal 31 Januari 2021, harus membayar UKT dikarenakan sudah memasuki Semester Genap. Pasalnya, surat edaran dari Dirjen Dikti No. 0149/E.E1/KU/2021 menegaskan bahwa Permendikbud No. 25 tahun 2020 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk dapat dijadikan kebijakan UKT di Semester Genap tahun 2021.

Menanggapi hal ini, Kementerian Hukum dan Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa BEM UNRI serta perwakilan kelembagaan fakultas telah melakukan audiensi secara offline pada Selasa (23/2) bersama Wakil Rektor 1 Prof. Dr. M. Mustafa, M.Pd dan Wakil Rektor 2 Prof. Dr. Sujianto, M.Si. Dalam audiensi tersebut, dijelaskan bahwa mahasiswa yang hanya tinggal ujian sarjana tidak perlu membayar UKT lagi. Sedangkan perihal pencairan kuota internet untuk pembelajaran daring akan segera dicairkan.

“Mahasiswa yang akan ujian sarjana namun belum lulus akan masuk ke dalam pembebasan sementara UKT sampai tanggal 18 Maret 2021, dan terkait bantuan kuota internet akan kami sampaikan langsung ke WR 4 agar segera diproses,” jelas Prof. Sujianto dalam memberikan jawaban atas desakan BEM UNRI dan perwakilan kelembagaan fakultas.

Lebih lanjut, Prof. Sujianto mengatakan terkait tumpang tindih kalender akademik yang menyebabkan server lemah akan dibicarakan lebih lanjut. Mengenai penjelasan pimpinan Rektorat diatas, dalam hal ini BEM UNRI beserta perwakilan kelembagaan fakultas menyatakan beberapa tuntutan :
1. Mendesak segera mengeluarkan surat edaran dari pihak Universitas Riau terkait pembebasan sementara UKT dan refund 50% dalam waktu 1×24 jam.
2. Mendesak bantuan kuota internet segera diproses.
3. Mendesak agar tidak terjadi lagi tumpang tindih di kalender akademik. (YT)
——-
BEM UNRI 2021 Kabinet Lentera Bertuah
Presma : Nofrian Fadil Akbar
Wapresma : Fitrah Agra Nugraha
.
#BEMUNRI #KabinetLenteraBertuah #KLBMembara #KemenhadkesmaKLB #PressRelease #AudiensiUKT