[PRESS RELEASE : Eksplorasi Jiwa Kepemimpinan, BEM UNRI Sukses Gelar Training Organisasi III]

Hai, Pejuang Membara!

Pekanbaru, (02/05/2020) – Sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan jenjang pengkaderan di Universitas Riau dan membentuk karakter jiwa pemimpin generasi penerus bangsa, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Riau (BEM UNRI) sukses melaksanakan Training Organisasi III (TO III) di Batalyon Arhanud 13/PBY, Pekanbaru pada 11-14 Maret 2021 lalu. Kegiatan ini diikuti oleh 33 orang peserta TO III melalui tahap seleksi.

TO III merupakan jenjang kaderisasi ketiga yang harus dilalui oleh aktivis mahasiswa di Universitas Riau. TO III hadir untuk mengasah jiwa kepemimpinan, melatih pola pikir yang kritis serta mempersiapkan kader untuk melanjutkan estafet kepemimpinan yang akan datang dengan baik. Sebelum dilaksanakan TO III, dilakukan Pra Training Organisasi III pada (09/04) lalu, guna menyampaikan kontrak kepada peserta dan menyampaikan persiapan bagi peserta sebelum pelaksanaan TO III.

Pembukaan TO III dilaksanakan pada (11/04) secara daring melalui Zoom Meeting pukul 09.00 WIB yang dihadiri oleh Wakil Rektor III UNRI yaitu Prof. Dr. Iwantono, M. Phill. Turut hadir juga Nofrian Fadil Akbar selaku Presiden Mahasiswa, Wahyu Andrie Septyo dan Ade Sunty Rahmawardani selaku MOT dan Asisten MOT TO III, serta perwakilan seluruh kelembagaan di Universitas Riau. Setelah pembukaan TO III, dilanjutkan dengan serah terima peserta dari panitia ke MOT dan Asisten MOT, serta dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama kepada peserta.

Materi-materi yang disampaikan kepada peserta yakni dimulai dari Sejarah Indonesia, bedah makalah, analisa dan rekayasa sosial, bela negara, perencanaan strategis, kebudayaan, advokasi III, aksi masa, Career Development Center (CDC) dan manajemen konflik, dengan menghadirkan pemateri-pemateri yang sangat berkompeten di bidangnya. Peserta tidak hanya dibekali dengan materi-materi kepemimpinan, tetapi peserta juga diberikan wadah untuk saling berdiskusi serta bagaimana cara mengatasi permasalahan yang ada. Peserta juga diberi kesempatan untuk memberikan sudut pandangnya dalam menghadapi suatu permasalahan melalui Focus Group Discussion (FGD). Selain itu, peserta juga dapat membedah makalah-makalah terpilih dari makalah peserta Training Organisasi III bersama Al Afif Muzakir.

Pada TO III ini kedisiplinan peserta juga dilatih, melalui kedisiplinan waktu peserta dalam mengikuti setiap agenda TO III. Selain itu, terkait kedisplinan ini peserta juga diajarkan langsung oleh pelatih dari Batalyon Arhanud melalui kegiatan outbond. Selain melatih kedisiplinan peserta, outbond ini dilakukan guna membangun kekompakkan dan semangat peserta agar menjadi tim yang solid serta saling bekerja sama kedepannya.

Ficho Anggriawan selaku Ketua Pelaksana menyampaikan, “Dengan pelaksanaan TO III, semoga ilmu yang didapatkan oleh seluruh peserta dapat di aplikasikan dengan baik dalam mengatasi permasalahan kelembagaan maupun kehidupan.”

Penutupan Training Organisasi III dilaksanakan pada (14/03), di Batalyon Arhanud. Ditutup oleh Presiden Mahasiswa Nofrian Fadil Akbar. Lebih Lanjut akbar menyampaikan, “Penting sekali diadakan pelatihan TO III guna mengembangkan daya berpikir dan kreativitas mahasiswa untuk menjadi seorang generasi penerus bangsa, meskipun ditengah masa pandemi ini justru pemuda harus lebih aktif dan cerdas guna untuk tetap terus bergerak mengatasi keadaan dan permasalahan, sehingga jangan sampai berpikiran pandemi ini sebagai penghalang untuk kita untuk tetap berkarya,” ujar Akbar. Dalam kesempatan ini turut hadir juga, seluruh pimpinan BEM Universitas Riau Kabinet Lentera Bertuah dan pihak Tentara dari Batalyon Arhanud 13/PBY.

Pada penutupan TO III ini turut menyampaikan kelulusan peserta. Bagi peserta yang lulus mengucapkan Ikrar Alumni TO III yang dipandu oleh Wahyu Andrie Septyo selaku MOT. Kemudian, dilanjutkan dengan pengumuman peserta terbaik putra, putri dan pemakalah terbaik. Dilanjutkan dengan penyerahan plakat kepada Batalyon Arhanud 13/PBY sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan TO III dan dilanjutkan penyerahan plakat kepada MOT dan Asisten MOT. Kegiatan diakhiri dengan pembacaan doa dan pukul 17.00 WIB seluruh peserta kembali ke sekretariat BEM Universitas Riau. (DN)
——-
BEM UNRI 2021 Kabinet Lentera Bertuah
Presma : Nofrian Fadil Akbar
Wapresma : Fitrah Agra Nugraha
.
#BEMUNRI #KabinetLenteraBertuah #KLBMembara #KemendanivKLB #TOIII