[PRESS RELEASE : Jelang Pilkada Serentak, BEM UNRI Kunjungi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau]

Hai, Pejuang Membara!

Selasa, (08/12/2020) – BEM UNRI melalui Kementrian Sosial dan Politik melakukan kunjungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau pada Senin (07/12) lalu. Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau persiapan KPU sebagai lembaga penyelenggara Pilkada 2020 serentak di sembilan kabupaten di Provinsi Riau yang akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang.

Ketua KPU Bapak Ilham Muhammad Yasir memaparkan informasi terkait koordinasi KPU dengan sembilan kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada 2020 di Provinsi Riau. Dalam hal ini, Nofrian Fadil Akbar selaku Presiden Mahasiswa UNRI menanyakan tentang bagaimana persiapan KPU dalam menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat selama proses pemilihan serta bagaimana proses pemilihan untuk pemilih yang sedang diisolasi akibat Covid-19.

“Sejumlah 8.356 orang petugas KKPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) yang tersebar di sembilan kabupaten sudah melewati pemeriksaan rapid tes sebelum dan pada hari H pemilihan. Apabila hasil pemeriksaan dinyatakan reaktif maka petugas akan langsung digantikan. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk jaminan dari KPU bahwa seluruh petugas KKPS dalam kondisi Sehat agar nantinya tidak menularkan covid-19 kepada masyarakat yang tentunya akan mengancam keselamatan dan kesehatan masyarakat,” Jelas Bapak Ilham. Ia juga menyampaikan bahwa selama proses tahapan Pilkada yang sudah dilaksanakan sejak Juni lalu belum ada laporan munculnya klaster baru. Oleh karena itu untuk mencegah munculnya hal tersebut, ia menegaskan bahwa seluruh TPS akan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat untuk seluruh masyarakat termasuk pasien terinfeksi Covid-19 yang akan memberikan suara.

“Khusus pasien terinfeksi Covid-19 yang sedang menjalani isolasi, suaranya akan di jemput langsung oleh petugas dengan memakai APD lengkap. Serta data pemilih yang terinfeksi Covid-19 ini sudah dikantongi oleh petugas di kabupaten masing-masing daerah,” ujarnya.

Dalam persiapan menuju pesta demokrasi di tengah pandemi ini, KPU telah melakukan sosialisasi melalui penyebaran informasi ke jejaring sosial media dan memastikan seluruh pemilih sudah mendapatkan surat keterangan memilih dan diharapkan mampu menjaga partisipasi politik masyarakat. Beliau juga menghimbau kepada Mahasiswa sebagai agen perubahan agar kembali ke daerahnya masing-masing untuk menggunakan hak suaranya.

“Harapannya, Pilkada tahun ini berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan klaster baru Covid-19. Semoga pemimpin yang akan terpilih sesuai dengan hati nurani rakyat yang nantinya mampu memperjuangkan hak-hak rakyat di daerahnya masing-masing,” Tutup Akbar dalam mengakhiri diskusi. (TNS/MAH/AHA)

Hidup Mahasiswa! Hidup Rakyat Indonesia! Hidup Perempuan Indonesia!
——-
Presma : Nofrian Fadil Akbar
Wapresma : Fitrah Agra Nugraha
——-
Kementerian Sosial dan Politik
Kabinet Lentera Bertuah
BEM UNRI 2020
.
#BEMUNRI #KabinetLenteraBertuah #KLBMembara #Kemensospol #Pressrelease #Pilkada2020