[PRESS RELEASE : Pembelajaran Tatap Muka Ditunda Sementara, Metode Daring Masih Dilanjutkan]

Hai, Pejuang Membara!

Selasa, (05/01/2021) – Kementerian Pendidikan, Pemuda dan Olahraga BEM UNRI menyelenggarakan diskusi publik dengan mengangkat topik “Strategi Pembelajaran Tatap Muka di Tengah Pandemi Covid-19” pada Senin (04/01) lalu. Diskusi ini disinyalir dari pernyataan Mendikbud RI akan dilaksanakannya pembelajaran tatap muka pada semester genap tahun 2021 dengan menghadirkan 2 pemantik diskusi yakni, Bapak Drs. HM. Suyanto, MH selaku Pengawas SMK Disdik Provinsi Riau dan Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D selaku Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud RI. Melalui platform zoom meeting dan live streaming kanal Youtube BEM UNRI, diskusi ini turut dihadiri oleh berbagai elemen mahasiswa dan masyarakat umum dengan jumlah mencapai 250 orang.

Diskusi dibuka dengan rangkaian susunan acara yang dipandu oleh Suci Widas Wara selaku MC. Dalam kata sambutan Presiden Mahasiswa UNRI Nofrian Fadil Akbar, ia mengatakan diskusi ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana persiapan pemerintah dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka di tengah pandemi.

“Kita ingin melihat solusi, pandangan serta stimulan apa yang akan diberikan pemerintah agar setiap proses pendidikan tetap berjalan efektif,” ujarnya.

Lebih lanjut, diskusi dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor UNRI Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Iwantono, M.Phil. Kemudian Yasvialan Arianta selaku Mendikpora BEM UNRI yang bertindak sebagai moderator memandu jalannya diskusi.

Bapak Suyanto sebagai pemateri pertama menyampaikan, hasil rapat bersama stake holder Provinsi Riau memutuskan pembelajaran tatap muka telah ditunda sementara sesuai dengan pertimbangan bersama. Hal ini dikarenakan kasus Covid-19 di beberapa daerah belum mengalami penurunan sehingga gugus Covid-19 belum memberikan izin pembelajaran tatap muka tetap dilaksanakan.

“Kita mengutamakan keselamatan dan kesehatan seluruh masyarakat khususnya peserta didik, dalam hal ini Disdik Provinsi Riau telah menyepakati untuk menunda sementara pembelajaran tatap muka di Provinsi Riau,” jelas Bapak Suyanto.

Bapak Suyanto juga menjelaskan, pembelajaran yang akan dilaksanakan kedepannya bukan seutuhnya tatap muka, melainkan tetap menerapkan metode daring, luring serta gabungan keduanya dan tetap mengacu pada protokol kesehatan yang ditetapkan. Selain itu, tanggung jawab pendidikan saat ini mengacu pada tri sentral pendidikan, yaitu pemerintah daerah, gugus Covid-19 daerah dan izin orangtua peserta didik. “Jika telah mendapatkan izin oleh seluruhnya, dukungan dari lapisan masyarakat dapat menjamin mutu pendidikan kedepan,” tambahnya.

Diakhir penyampaian materinya, Bapak Suyanto menegaskan, “Hikmah dari kondisi saat ini ialah keberadaan guru sebagai sosok pengajar tidak dapat digantikan oleh teknologi apapun,” ujarnya.

Kemudian Prof. Aris sebagai pemateri kedua menyampaikan selama pembelajaran daring, Kemendikbud telah memfasilitasi situs-situs pembelajaran, subsidi kuota internet bahkan Beasiswa, juga telah melatih 110 ribu dosen untuk mendalami pembelajaran daring. Lalu untuk persiapan pembelajaran mulai tahun 2021, hal ini telah tertuang dalam SKB 4 Menteri (Menkes, Mendagri, Mendikbud dan Menag).

“Untuk kedepannya, pembelajaran perguruan tinggi dapat dilakukan secara campuran-tatap muka dan dalam jaringan (hybrid learning),” jelas Prof. Aris.

Sementara itu, perguruan tinggi harus tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan warga kampus (mahasiswa, dosen dan staf) dengan menegakkan SOP protokol kesehatan serta melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala. Dalam hal ini juga diharapkan saling berbagi satu sama lain baik pengalaman dan praktik dalam penyelenggaraan pembelajaran campuran selama masa pandemi Covid-19.

“Untuk informasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka, nanti akan diinformasikan dan disosialisasikan oleh Belmawa dan Kemendikbud,” pungkas Prof. Aris. (AHA)

Hidup Mahasiswa! Hidup Rakyat Indonesia! Hidup Perempuan Indonesia!

——-

Presma : Nofrian Fadil Akbar

Wapresma : Fitrah Agra Nugraha

——-

Kementerian Pendidikan, Pemuda dan Olahraga

Kabinet Lentera Bertuah

BEM UNRI 2020

.

#BEMUNRI #KabinetLenteraBertuah #KLBMembara #Kemendikpora #DiskusiPublik #PembelajaranDaring