“Lagi, BEM UNRI Minta Kejelasan Pelaksanaan dan Tindak Lanjut Pihak UNRI Atas Surat Dirjen Dikti Kemendikbud RI”

Pekanbaru (14/04/2020) – BEM UNRI melalui Kementerian Hukum dan Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa yang diwakili Ramadhana Ari mendatangi Kepala BAK UR Azhar Kasymi, SH diruangannya pada Senin (13/04) kemarin. Sebelumnya telah mencoba meminta bertemu Wakil Rektor I UR Prof. Dr. H.M. Nur Mustafa, M.Pd, namun beliau mengarahkan ke Biro Akademik dan Kemahasiswaan UR.

Maksud kedatangan BEM UNRI ialah meminta UNRI menindaklanjuti Surat Edaran Dirjen Dikti Kemendikbud RI Nomor 302/E.E2/KR/2020 tertanggal 31 Maret 2020, yang ditandatangani oleh Plt. Direktur Jenderal, Nizam. Tindak lanjut itu khususnya pada poin nomor 1 yang sampai hari ini belum ada kejelasan, sementara untuk poin yang lainnya sudah diminta tindak lanjutnya bersamaan penyampaian aspirasi mahasiswa UNRI beberapa waktu lalu. BEM UNRI menanyakan ‘mahasiswa’ yang dimaksud pada poin nomor 1 surat tersebut, yang berbunyi; “masa belajar paling lama bagi mahasiswa yang seharusnya berakhir pada semester genap 2019/2020, dapat diperpanjang 1 semester, dan pengaturannya diserahkan kepada Pimpinan Perguruan Tinggi sesuai kondisi dan situasi setempat.” Kepala BAK UR, Azhar Kasymi, SH mengatakan, “bahwa itu penambahan 1 semester bagi mahasiswa angkatan 2013 yang harusnya selesai di semester genap ini”. Maka, dikarenakan belum adanya tindak lanjut dari Pimpinan UNRI untuk menerapkannya di UNRI, dan mahasiswa banyak yang menanyakan kejelasan poin pertama tersebut. BEM UNRI meminta UNRI untuk menindaklanjuti poin pertama Surat Dirjen Dikti Kemendikbud RI tersebut dengan memperjelas dan menerapkan aturannya di UNRI bahwa adanya penambahan satu semester bagi mahasiswa angkatan 2013. Apakah turunan kebijakan itu nantinya melalui Surat edaran Rektor atau Wakil Rektor I UNRI, yang terpenting harus ada kejelasan kepada mahasiswa UNRI.

Kepala BAK UR mengaku, hal itu sudah dibahas di forum pimpinan bersama Wakil Dekan I se-UR, namun untuk pemberitahuan/edaran belum ada dan beliau juga menerima usulan dari BEM UNRI.

Kita terima masukan dari BEM UNRI, insya Allah langsung dikoordinasikan kepada Wakil Rektor I UR, atas permintaan mahasiswa nanti kita buatkan surat edarannya supaya jelas.” Tutur Kepala BAK.
Selanjutnya, BEM UNRI juga menanyakan perihal tugas akhir/skripsi, apakah ada kemungkinan UNRI menggantikan skripsi dengan artikel ilmiah atau jurnal sebagaimana program kampus merdeka Kemendikbud RI, mengingat ada mahasiswa yang terhambat skripsinya karna harus penelitian lapangan untuk memperoleh data, sementara ini tidak bisa dilakukan.

Kepala BAK UR mengatakan, sejauh ini belum ada pembahasan mengenai hal tersebut, hanya saja di forum Wakil Dekan I se UNRI sudah disampaikan agar para dosen pembimbing melayani bimbingan skripsi mahasiswa dengan metode yang disepakati bersama. Selain itu dapat juga memberi kemudahan bagi mahasiswa dalam proses bimbingan, selebihnya diserahkan kepada prodi/jurusan masing-masing untuk mencarikan solusi kepada mahasiswa yang sedang penelitian.

Selain itu, BEM UNRI juga melaporkan beberapa kendala yang terjadi dalam proses pengisian data/upload biodata online di sistem SNMPTN, agar pihak UNRI segera memperbaikinya. Selain itu, mengenai PBUD 2020, sistem server yang down, kesalahan input jadwal pembayaran UKT bagi SNMPTN yang seharusnya terakhir 18 April, tetapi dibuat 06 Juni disistem, sehingga membuat calon mahasiswa bingung, agar pihak BAK UR berkoordinasi dengan Puskom UR untuk memperbaikinya.

Kemudian, BEM UR juga meminta agar Pihak Akademik UNRI selalu update atau memperbaharui informasi seputar penerimaan mahasiswa baru 2020 di website, tentunya dengan berkoordinasi ke pihak UPT TIK (Puskom UR) dan bagian Humas UNRI. Sebab, BEM UNRI menilai dan mendapati lebih dahulu mahasiswa tahu ada perubahan jadwal atau terhadap sesuatu informasi, tapi di website akademik Unri tidak ada informasinya. (RA)

? Narahubung :
Ramadhana Ari Pratamas Bangun
(Menteri Hukum dan Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa)
? 0852 6321 8290

Hidup Mahasiswa ! Hidup Rakyat Indonesia !
#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemenhadkesma
#AdvokasiKuliahDaring #AdvokasiKeringananUKT #BantuanKuotaInternetGratis #MahasiswaUNRI
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN HUKUM DAN ADVOKASI KESEJAHTERAAN MAHASISWA
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020