“UKT Bisa Dicicil dan Ditunda Bayarnya, BEM UNRI Tanggapi Pimpinan UNRI belum Pikirkan Mahasiswa Seutuhnya”
. ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Pekanbaru (13/06/2020) – Beberapa waktu yang lalu keluar Pengumuman pembayaran UKT semester ganjil 2020/2021 yang dimulai dari awal Juli hingga akhir Agustus, didalamnya tercantum semacam bentuk keringanan dalam hal pencicilan dan penundaan bayar UKT hingga 31 Oktober 2020 bagi yang terdampak Covid 19. Namun, hal ini belum benar-benar meringankan beban mahasiswa. Sedari awal Covid 19 melanda Indonesia dan perkuliahan dilakukan secara Daring, mahasiswa telah menggaungkan tuntutannya. Mulai dari agar UKT dikembalikan setengah karena tidak menikmati fasilitas kampus, dialokasikan untuk subsidi Kuota Internet Kuliah Daring yang hingga kini juga belum jelas rimbanya, sampai pada bentuk potongan biaya UKT atau revisi UKT di semester ganjil yang akan datang.
.
Untuk kesekian kalinya, BEM UNRI bersama Kelembagaan Mahasiswa kembali menjumpai Pimpinan UNRI yakni Prof. Dr. Sujianto, M.Si selaku Wakil Rektor 2 UNRI pada Senin (08/06/20) lalu. BEM UNRI dihadiri oleh Abdul Hamid selaku Wakil Presiden Mahasiswa, dan Ramadhana Ari selaku Menhadkesma, serta turut membersamai Andre Wilio Gubernur BEM FEB UR dan Akbar Gubernur BEM FKIP UNRI.
.
BEM UNRI menanyakan, kenapa saat ini hanya ada pencicilan dan penundaan/perpanjangan masa bayar UKT, padahal di audiensi sebelumnya kita sudah sepakat adanya bentuk keringanan lain, seperti revisi UKT. Namun, hari ini nyatanya UNRI tidak melakukan itu.
.
Bapak Sujianto mengatakan, “Ya itu sudah hasil dari Majelis Rektor juga, sekarang ini kan sudah kita bantu, yang tidak bisa bayar hingga 31 Agustus, silahkan cicil atau tunda bayar, batasnya sampai 31 Oktober. Sekarang tidak akan ada denda. Untuk yang mahasiswa akhir, yang ujian atau yudisium sebelum 31 Oktober maka tidak bayar UKT, itu kan sudah membantu, apalagi.” Jawab Wakil Rektor 2.
.
“Tapi, itu belum cukup pak. Mahasiswa butuh keringanan lebih dari itu, buka Revisi UKT pak, secara spesifik perjelas lagi surat edarannya”, tegas BEM UNRI.

Abdul Hamid selaku Wakil Presiden Mahasiswa mengatakan, “Revisi UKT biasanya dilakukan bulan Oktober setiap tahunnya dan hasilnya diterapkan di semester berikutnya, nah sekarang kita ingin ada revisi UKT untuk diterapkan di semester ini pak, karena semua mahasiswa terdampak Covid saat ini.” Tutur Wakil Presiden Mahasiswa.
.
Namun, warek 2 kembali menanggapi bahwa tidak akan ada revisi untuk semester ini, “Oh tidak bisa begitu, semester ini sedang berjalan, kalau pun revisi ya diterapkan semester berikutnya lagi (read: 2021) atau kita lihat dulu, dirapatkan dulu ya”, ujar Wakil Rektor 2.
.
Menhadkesma spontan menanggapi, “Tentunya bisa pak, sebab kita sudah pernah melakukannya ditahun lalu, Kita minta Mei 2019 lalu dibuka Revisi UKT TA, akhirnya dibuka. Nah, sekarang revisi yang biasanya Oktober kita minta dipercepat jadi bulan Juni ini pak, kondisi mahasiswa sangat sulit saat ini pak, harus ada revisi UKT, amanah Permenristekdikti 39/2017 begitu pak. Ini tampaknya UNRI belum benar-benar memikirkan mahasiswa pak”, tegas Ari.

Bapak Sujianto kembali memberi keterangan bahwa revisi tidak bisa diterapkan semester ini, “Tidak bisa bicara seperti itu, saya tidak suka, saya tidak mungkin melanggar keputusan Majelis Rektor Indonesia. Misalkan UKT 3, potongan UKT 50 %, berarti Rp 1.025.000, kemana mau saya cari kekurangannya. Kamu jangan maksakan kehendak mahasiswa gitu” jawab Wakil Rektor 2.
.
Alih-alih mendapatkan kepastian, aspirasi belum tersampaikan seutuhnya, Wakil Rektor 2 beranjak berjalan meninggalkan mahasiswa sengaja menghindari perbincangan yang lebih jauh, lantas mahasiswa mengejar beliau hingga keluar ruangan, dan kembali meminta agar saat ini skema keringanan UKT yaitu revisi UKT bisa dibuka bulan ini, karena banyak mahasiswa yang sangat terdampak akibat covid 19.
.
Mahasiswa akan terus bergerak dan menuntut hak nya atas ketidakadilan hari ini. (RA)
.
Hidup Mahasiswa! Hidup Rakyat Indonesia!
. ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemenhadkesma #RilisKSI
#TuntutKeringananUKT #AdvokasiKesejahteraanMahasiswa
______________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN HUKUM DAN ADVOKASI KESEJAHTERAAN MAHASISWA
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020