Selamat pagi Riau dan Indonesia !
.
“RILIS KAJIAN RIAU DIBAKAR BUKAN TERBAKAR”
.
Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana, Karhutla juga dimasukkan dalam kategori bencana karena dampaknya berupa kabut asap yang dapat mengganggu aktivitas dan kesehatan masyarakat sekitar. Karhutla telah menyebabkan korban jiwa, kerugian finansial, kepunahan flora dan fauna.
.
Riau sebagai salah satu provinsi yang tercatat sebagai penyumbang lima terbesar bencana yang terjadi di Indonesia. Kebakaran di Provinsi Riau yang besar awalnya terjadi tahun 1997, kasus kebakaran hebat melanda sebagian besar kawasan hutan alam. Lalu, kebakaran lahan dan hutan (KARLAHUT) kembali mengalami peningkatan yang signifikan di awal tahun 2019, sejak itu Plt Gubernur Wan Thamrin Riau menetapkan Provinsi Riau pada tanggal 19 Februari sampai delapan bulan ke depan sebagai status siaga bencana KARLAHUT.
.
Diduga kebakaran lahan dan hutan disebabkan oleh ulah manusia baik kalangan masyarakat dan perusahaan dalam melakukan pembukaan lahan (korporasi). Investigasi Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (JIKALAHARI) Riau mengenai insiden kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau sepanjang 15-21 Juli 2019 menemukan titik panas di lahan konsesi milik sembilan perusahaan. Titik panas di lahan konsesi milik 12 perusahaan ini mencapai 27 titik.
.
Pernyataan tersebut bukan hanya asumsi semata, sebab sudah terungkapnya data sebaran kebakaran hutan dan lahan, terungkapnya Korporasi yang beroperasi di dalam kawasan hutan dan izin Korporasi yang ilegal serta kerugian negara.
.
Berikut penjelasan BEM Universitas Riau terkait terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau dalam bentuk kajian strategis beserta 20 tuntutan Aliansi Mahasiswa Gerakan 17 September nantinya.
Link :
bit.ly/RilisKajianKarlahut
bit.ly/RilisKajianKarlahut
bit.ly/RilisKajianKarlahut
link dapat diakses melalui swipe up story @bemunri atau klik link yang ada di bio.
#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemenlindup #RilisKajianKSI #RiauDibakarBukanTerbakar #G17S
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP
.
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2019