Jalin Silaturahmi Sekaligus Bahas Terkait Pertukaran Pelajar, BEM Unri Kunjungi Konsulat Malaysia

Pekanbaru (15/02/2020)- BEM Universitas Riau Kabinet Sri Indrapura melalui Kementerian Luar Universitas mengadakan kunjungan ke Konsulat Malaysia pada (13/02/20). Kunjungan tersebut disambut hangat oleh Ibu Wan Nurshima Wan Jusoh selaku Konsul di Konsulat Malaysia. Dari pihak BEM Unri, turut hadir Syafrul Ardi selaku Presiden Mahasiswa, Mohammad Dandi Faridza selaku Menteri Luar Universitas dan Adetia Dermawan selaku Dirjen Pemerintahan dan Swasta. Dalam kunjungan kali ini, BEM UNRI menjalin silaturahmi dan menanyakan perihal pertukaran pelajar ke Malaysia.

Ibu Wan Nurshima menjelaskan mengenai pertukaran pelajar, “Dalam hal pertukaran pelajar biasanya yang kami terima datang adalah dosen yang membawa proposal dengan bidang yang diusulkan. Kami tidak menolak apabila pelajar yang datang, namun biasanya dosen yang membawa proposal dan dekanat mereka yang mengusulkan untuk pertukaran pelajar, kemudian kami usulkan ke Kuala Lumpur. Biasanya untuk mahasiswa yang magang, belajar dan lain sebagainya kami selalu dukung,” ujar Bu Nurshima.

Untuk dapat mengikuti pertukaran pelajar, mahasiswa dapat meminta persetujuan dari dosen pihak kampus terlebih dahulu dan memberikan proposal kepada kami. Biasanya mahasiswa yang ingin mengikuti pertukaran pelajar, mahasiswa bahasa atau kebudayaan. Masalah biaya, biasanya sendiri. Kami bisa bantu uruskan, untuk kontak dan program yang akan kalian jalankan disana.

Program Konsulat Malaysia yang ada di Pekanbaru antara lain, membantu menyusun program dalam Study Banding ke Kuala Lumpur, memfasilitasi apabila di Pekanbaru hendak mengundang Malaysia dari segi budayawan. Untuk pertukaran pelajar Malaysia ke Pekanbaru itu bukan tanggung jawab Konsulat Malaysia namun itu dibawah Asia Sekretariat. Dalam hal pengendalian dilakukan di Jakarta kemudian baru ke dinas pendidikan di Pekanbaru.

Syafrul Ardi selaku Presiden Mahasiswa menanyakan perihal beasiswa kuliah di Malaysia. Ada juga yayasan dari Johor meluangkan beasiswa mahasiswa dari Indonesia untuk ke Malaysia dan akan diberi peluang pekerjaan di Indonesia. Acaranya 3 hari yang pertama pameran, kemudian interview bidang apa yang kamu inginkan. Ada juga yang langsung tes, kemarin di Aryaduta diadakan English test. Tahun lalu, setahun diadakan 3 kali untuk tes tersebut. Untuk mendaftar bawa transkrip nanti akan dilihat layak atau tidak.” Ujar Ibu Nurshima. Kunjungan ditutup dengan sesi foto bersama. (AZ)

#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemenluniv #RilisKunjunganKonsulatMalaysia
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN LUAR UNIVERSITAS
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020