Hai, Kolaborator Perjuangan!
.
Tidak terasa sudah Hari Minggu lagi ya ? SI-EDU kembali hadir untuk menemanimu sembari menunggu datang senin. Kali ini SI-EDU mengangkat tema “Krisis Kemanusiaan di India”. Undang – Undang Kewarganegaraan India Tuai Kontroversi, Bagaimana Nasib Muslim di India?
.
Beberapa hari terakhir ribuan warga India mengadakan aksi protes atas Undang-Undang (UU) kewarganegaraan baru. UU tersebut dianggap menyerang konstitusi sekuler dan diskriminasi terhadap Muslim minoritas. UU bernama Citizenship Amendment Act (CAA) bertujuan untuk mempercepat kewarganegaraan bagi warga Hindu, Parsis, Sikh, Buddha, Jain, dan Kristen yang teraniaya dan berada di India sebelum 31 Desember 2014.
.
Konflik horizontal antar dua kelompok agama di India berakar dari konflik filosofis yang tertanam sejak lama. Benih ketidakpercayaan dan kecurigaan diperkuat oleh fakta bahwa kaum Muslim memiliki sistem masyarakat yang tidak dapat disesuaikan dengan sistem kasta umat Hindu.
.
Kini, pada tahun 2020 kerusuhan kembali terjadi di ibu kota India, New Delhi hingga memakan 38 korban tewas akibat bentrokan antara kaum Muslim dan Hindu India. Perdana Menteri Narendra Modi berdalih undang-undang baru itu diperlukan untuk membantu minoritas yang teraniaya dari Afghanistan, Bangladesh dan Pakistan. Modi juga menyangkal adanya bias terhadap populasi Muslim India yang terdiri dari lebih dari 180 juta orang itu.
.
Mari kita sama – sama berdo’a agar pertikaian yang terjadi di India sana segera menemukan titik terang. Ayo luangkan waktumu untuk membaca hal – hal yang bermanfaat, dengan membaca SI-EDU salah satunya ? selain menambah wawasan dan pengetahuanmu, SI-EDU juga melatihmu untuk berfikir kritis. Selamat membaca !

.
Hidup Rakyat Indonesia !
#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemenkominfo #SiEDUKSI #Bagian24
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI

KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020