Hai, Kolaborator Perjuangan!
SI-EDU hadir kembali nih untuk mengisi waktu luangmu saat #dirumahaja. Kali ini kita akan membahas tentang “Masalah Logistik dan Pangan”, seperti apa dampak yang ditimbulkan Covid-19 terhadap pangan di berbagai negara?
Pandemi Covid-19 yang belum bisa diprediksi sampai kapan akan mereda menimbulkan berbagai gejolak sudut permasalahan salah satunya adalah pola konsumsi masyarakat. Mulai dari permasalahan ekspor, impor logistik dan pangan, para buruh tani yang ingin bercocok tanam hingga penimbunan bahan-bahan makanan.
Di Inggris, menurut data Nielsen, penduduk berumah tangga mulai menimbun makanan dipekan terakhir Februari dan terus meningkat. Kondisi serupa terjadi di Amerika Serikat (AS), melansir The New York Times, pada 21 Maret rak-rak makanan di supermarket mulai kosong akibat panic buying.
Organisasi Pangan dan Agrikultur PBB (FAO) menyatakan keterlambatan pasokan makanan di beberapa negara akibat kebijakan pembatasan pergerakan manusia di beberapa negara. Dampaknya kepada produksi dan distribusi. Salah satu titik permasalahan yang menyebabkan hal ini terjadi adalah masalah ditingkat produksi sehingga mengakibatkan berkurangnya jumlah buruh tani.
Membengkaknya biaya distribusi, menurut penelitian FAO, mengakibatkan negara-negara miskin susah mengakses makanan. Kemampuan daya beli mereka akan berkurang. Ditambah lagi inflasi mata uang yang mengalami kenaikan karena tersuruknya kondisi perekonomian dunia akan memperberat kondisi. Negara yang tak memiliki lahan tanam dan mengandalkan impor untuk makanan juga akan terdampak. Semakin buruk jika yang hilang menjadi makanan pokok di negara itu.
Indonesia dalam kondisi normal masih tergolong negara dengan masalah kelaparan serius. Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyatakan, pihaknya pun akan memastikan stok beras aman. Ia sudah meminta jajarannya menyiapkan stok beras dan kebutuhan pangan lainnya agar tetap tersedia di masyarakat.
Stay safe semua, tetap jaga kesehatan ya untuk kita dan ingat cukup #dirumahaja ?. Ayo luangkan waktumu untuk membaca hal – hal yang bermanfaat, dengan membaca SI-EDU salah satunya ? selain menambah wawasan dan pengetahuanmu, SI-EDU juga melatihmu untuk berfikir kritis. Selamat membaca !
Hidup mahasiswa ! Hidup Rakyat Indonesia !
#BEMUNRI#SriIndrapura#JantungHatiMasyarakatRiau#Kemenkominfo#SIEDUKSI#Bagian30
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020