Hai, Kolaborator Perjuangan!

SI – EDU hadir kembali nih untuk mengisi waktu luangmu saat #dirumahaja. Kali ini dengan tema “Save Tenaga Medis”, dengan APD yang kurang memadai, bagaimana kabar Tenaga Medis di Indonesia?

Pandemi Covid-19 yang sedang menjadi fokus perhatian dunia saat ini mengharuskan para tenaga medis saling bahu membahu membantu dan menyelamatkan nyawa manusia yang terancam tersebut. Tidak hanya tenaga medis, harusnya seluruh masyarakat turut berperan bekerjasama agar Indonesia dapat bebas dari virus mematikan ini.

Sampai tanggal (31/03/20) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengumumkan bahwa sampai saat ini jumlah dokter anggota IDI yang meninggal akibat Covid-19 menjadi 12 orang. Berdasarkan catatan PB IDI, hingga Sabtu hari ini (04/04/20), terdapat 16 dokter yang wafat karena terinfeksi Covid-19.

Kurangnya APD bagi Tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 menyebabkan para tenaga medis di Indonesia terpaksa menggunakan kantong sampah akibat keterbatasan alat pelindung diri (APD) untuk menangani pasien Covid-19 akibat infeksi virus corona SARS-COV-2. Menurut Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M. Faqih, hal ini terjadi lantaran ketersediaan APD tidak dapat mengimbangi lonjakan jumlah pasien positif Covid-19 yang terus meningkat.

Kelangkaan APD dalam penanganan corona menyita perhatian publik. Pemerintah telah mengimpor 105 ribu APD dan disebarkan ke seluruh Indonesia. Namun jumlah itu disebut masih kurang karena jumlah pasien kian bertambah. Melihat akan hal ini, IDI khawatir kalau dokter terinfeksi dan bahkan meninggal, maka siapa yang akan merawat pasien positif Covid-19 yang terus bertambah tersebut.

Dalam memberantas Covid-19, kini garda terdepan bukan hanya tenaga medis, tetapi juga masyarakat kalangan menengah kebawah yang masih tetap harus bekerja disituasi saat ini. Selain itu, masyarakat yang harus tetap dirumah juga menjadi garda terdepan membantu dan turut berkerja sama dengan para tenaga medis kita yang sedang berjuang diluar saat ini.

Stay safe semua, tetap jaga kesehatan ya untuk kita dan ingat cukup #dirumahaja ?. Ayo luangkan waktumu untuk membaca hal – hal yang bermanfaat, dengan membaca SI-EDU salah satunya ? selain menambah wawasan dan pengetahuanmu, SI-EDU juga melatihmu untuk berfikir kritis. Selamat membaca !

Hidup mahasiswa ! Hidup Rakyat Indonesia !
#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemenkominfo #SIEDUKSI #Bagian29
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020