Halo, Sahabat Kreators!

Setiap Tanggal 2 Mei bangsa Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional atau lebih dikenal dengan singkatan HARDIKNAS. Hari ini bertepatan dengan kelahiran sosok pejuang bangsa yaitu bapak Ki Hadjar Dewantara yang tidak kenal lelah memperjuangkan nasib rakyat pribumi agar bisa memperoleh pendidikan yang layak. Berikut 6 fakta penting tentang Hari Pendidikan Nasional!

1. Tokoh Pendidikan
Ki Hajar Dewantara dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional dengan nama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat yang lahir pada tanggal 02 Mei 1889. Karena jasanya dalam memperjuangkan hak pendidikan pada masa penjajahan dan melawan sistem pendidikan Hindia Belanda.

2. Wujud Penghormatan
Atas dedikasinya dalam memperjuangkan hak pendidikan, maka Muhammad Yamin sebagai pencetus Hari Pendidikan Nasional memberikan usulan kepada Presiden Soekarno untuk menjadikan hari kelahiran Ki Hajar Dewantara sebagai Hari Pendidikan Nasional sebagai bentuk penghormatan atas jasa beliau. Usulan diterima dan tertulis secara resmi pada Surat Keputusan Presiden RI No. 305 tahun 1959 tertanggal 28 November 1959.

3. Semboyan Ki Hajar Dewantara
Sebagai Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara memiliki semboyan “Ing ngarso sung tolodho (seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan), ing madya mangun karso (seseorang ditengah kesibukannya harus juga mampu membangkitkan atau menggugah semangat), dan tut wuri handayani (seseorang harus memberikan dorongan moral dan semangat kerja dari belakang)”.

4. Peringatan Pertama Kali Hardiknas
Pertama kali Hari Pendidikan Nasional secara resmi ditetapkan pada tanggal 28 November 1959. Namun peringatannya rutin dilaksanakan pertama kali pada tahun 1967.

5. Bukan Hari Libur Nasional
Secara resmi Hari Pendidikan Nasional telah ditetapkan sebagai hari besar nasional. Dimana setiap hari besar nasional ditandai dengan tanggal merah. Namun Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tidak ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh Pemerintah Indonesia setiap tahunnya.

6. Makna Penting Hardiknas
Hari Pendidikan Nasional tidak hanya para praktisi pendidikan saja yang dapat merayakan, namun para pelajar dapat merayakan Hardiknas.

Momen Hari Pendidikan Nasional dapat kita jadikan sebagai momen mengingat jasa para pahlawan sekaligus momen refleksi untuk para praktisi pendidikan agar dapat meneruskan perjuangan yang telah dilakukan dalam menyelamatkan pendidikan di Indonesia.

Sumber: KelasPintas.id
.
___◾◼️◾____
Presiden Mahasiswa : Kaharuddin HSN DM
Wakil Presiden Mahasiswa : Razali
___◾◼️◾____
.
Kementerian Pendidikan dan Riset
Kabinet Kreator Pergerakan
BEM UNRI 2021/2022
.
#BEMUNRI #KabinetKreatorPergerakan #KreatorPergerakan #BeragamSeirama #SemangatBermanfaat #KemendikrisKKP #KreatorEdukasi