Halo, Sahabat Kreators!

Peringatan Hari Buruh Internasional muncul sebagai akibat dari rangkaian perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial pada awal abad ke-19. Perkembangan kapitalisme industri pada masa itu ternyata menimbulkan situasi yang dianggap tidak adil bagi kaum pekerja, seperti pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, buruknya kondisi kerja, dan lain-lain.

Dikutip dari tulisan Alexander Trachtenberg bertajuk “The History of May Day” yang pertama kali diterbitkan pada 1932, tanggal 1 Mei ditetapkan sebagai hari perjuangan kelas pekerja dunia pada 1886 oleh Federation of Organized Trades and Labor Unions. Tanggal 1 Mei dipilih karena terinspirasi oleh kesuksesan aksi buruh di Kanada pada 1872, peristiwa Haymarket 1886 yang terjadi di Chicago, Amerika Serikat, serta rangkaian kejadian lainnya.

Maka kemudian diserukan kepada seluruh serikat pekerja dari semua negara di seluruh dunia untuk menggelar aksi dengan penuh semangat setiap tanggal 1 Mei. Hingga hari ini, lebih dari 80 negara, termasuk Indonesia, memperingati Hari Buruh Internasional setiap tanggal 1 Mei.

Sumber : tirto.id

.
___◾◼️◾____
Presiden Mahasiswa : Kaharuddin HSN DM
Wakil Presiden Mahasiswa : Razali
___◾◼️◾____
.
Kementerian Komunikasi dan Informasi
Kabinet Kreator Pergerakan
BEM UNRI 2021/2022
.
#BEMUNRI #KabinetKreatorPergerakan #KreatorPergerakan #BeragamSeirama #SemangatBermanfaat #KemenkominfoKKP #HariBuruhSedunia