Halo, Sahabat Kreators!

Hari Hutan Internasional diperingati pertama kali pada tanggal 21 Maret 2013 berdasarkan resolusi PBB pada 28 November 2012. Mulanya hari ini diperingati sebagai World Forest Day pada tahun 1971, yang mengusulkan ide ini adalah Konferensi Organisasi Pangan dan Pertanian yang ke-16 yang jatuh setiap tanggal 21 Maret. Peringatan ini akan dirayakan setiap tahunnya untuk saling berbagi mengenai visi misi kehutanan dan kaitannya dengan perubahan iklim di seluruh dunia serta strategi yang harus dilakukan.

Hari Hutan Internasional menjadi sarana untuk mengedukasi berbagai pihak untuk mencintai dan menjaga hutan. Hutan menutupi lebih dari 30% daratan bumi dan menjalankan fungsi vital di seluruh dunia. Sekitar 1,6 miliar penduduk dunia bergantung pada hutan sebagai mata pencaharian dan tempat tinggal mereka. Hutan adalah ekosistem yang paling beragam secara biologis di darat, rumah bagi lebih dari 80% keanekaragaman hayati darat dunia, termasuk spesies yang terancam punah dan endemik. Hutan juga merupakan sumber dari beragam jenis kayu, makanan, dan tumbuhan obat-obatan yang dari sanalah jutaan manusia di bumi mampu bertahan hidup.

Peran hutan lainnya yaitu sebagai penghasil oksigen yang kita hirup dan air yang kita minum. Hutan menjaga keanekaragaman hayati planet ini dan bertindak sebagai pertahanan alami kita terhadap perubahan iklim. Hutan dapat memerangkap karbon untuk mencegah pemanasan global, menstabilkan iklim, mengontrol suhu atmosfer, melindungi daerah aliran sungai serta mengatur siklus air. Namun terlepas dari semua manfaat ekologi, ekonomi, sosial dan kesehatan yang tak ternilai ini, deforestasi global terus berlanjut dengan laju yang mengkhawatirkan.

Sekitar 13 juta hektar hutan dunia setiap tahun hilang dan deforestasi ini mengakibatkan tidak terserapnya 12 – 20% emisi gas rumah kaca global yang berkontribusi terhadap perubahan iklim. Restorasi dan pengelolaan hutan lestari akan mengatasi krisis perubahan iklim dan keanekaragaman hayati secara bersamaan, sekaligus menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan untuk pembangunan berkelanjutan.

Melihat pentingnya peran hutan bagi keseimbangan ekosistem dunia, alangkah baiknya bagi kita untuk dapat turut serta saling bersinergi bersama masyarakat lainnya untuk bersama-sama menjaga hutan yang ada, karena hutan yang lestari adalah salah satu pendukung paling penting untuk menjaga keseimbangan alam.

Sumber : Pusat Studi Energi dan Lingkungan

.
___◾◼️◾____
Presiden Mahasiswa : Kaharuddin HSN DM
Wakil Presiden Mahasiswa : Razali
___◾◼️◾____
.
Kementerian Lingkungan Hidup
Kabinet Kreator Pergerakan
BEM UNRI 2021/2022
.
#BEMUNRI #KabinetKreatorPergerakan #KreatorPergerakan #BeragamSeirama #SemangatBermanfaat #KemenlindupKKP #HariHutanInternasional #InternationalDayofForest