Halo, Sahabat Kreators!

Hari Lahan Basah Sedunia diperingati pada tanggal 2 Februari setiap tahunnya, hasil dari Konvensi Ramsar, pada 2 Februari 1971 di Kota Ramsar. Konvensi Ramsar mendefinisikan lahan basah sebagai daerah-daerah rawa, payau, lahan gambut dan perairan alami atau buatan; tetap atau sementara; dengan air tergenang atau mengalir, tawar, payau atau asin, termasuk wilayah perairan laut yang kedalamannya tidak lebih dari 6 meter waktu surut.

Ekosistem lahan basah terbentuk akibat adanya genangan air yang terjadi secara terus menerus, baik permanen maupun musiman. Kemudian biota yang ada di areal tersebut beradaptasi terhadap kondisi yang basah. Keadaan alam dan biota tersebut membentuk sebuah ekosistem khas disebut lahan basah. Contoh lahan basah antara lain bakau, lahan gambut, rawa-rawa, sungai, danau, delta, daerah dataran banjir, sawah, dan terumbu karang. Indonesia memiliki lahan basah dengan luas lebih dari 40 juta Ha.

Beberapa manfaat dari adanya lahan basah adalah sebagai sumber air dan pemurnian air, penyaring limbah berbahaya, pelindung pantai dan penyimpan karbon terbesar di bumi, sumber makanan manusia dan sebagai tempat tinggal beraneka ragam flora dan fauna.

Penyebab hilangnya lahan basah termasuk situ, rawa-rawa, payau dan lahan gambut adalah akibat alih guna lahan untuk pertanian, eksploitasi sumber air untuk keperluan rumah tangga dan industri, urbanisasi, pembangunan infrastruktur dan polusi. Kerusakan lahan basah yang terus berlanjut ini juga membawa kerugian ekonomi bagi komunitas, negara dan pebisnis. Hal ini diperparah oleh dampak perubahan iklim yang memicu polusi dan peningkatan suhu bumi yang bisa mengubah ekosistem, memicu berkembangnya spesies berbahaya dan pendangkalan lahan basah.

Peringatan Hari Lahan Basah ini bertujuan meningkatkan kesadaran global akan peran penting lahan basah bagi manusia dan kehidupan. Maka lahan basah perlu dilestarikan untuk masa depan.

Selamat memperingati hari lahan basah sedunia.

.
___◾◼️◾____
Presiden Mahasiswa : Kaharuddin HSN DM
Wakil Presiden Mahasiswa : Razali
___◾◼️◾____
.
Kementerian Lingkungan Hidup
Kabinet Kreator Pergerakan
BEM UNRI 2021/2022
.
#BEMUNRI #KabinetKreatorPergerakan #KreatorPergerakan #BeragamSeirama
#SemangatBermanfaat #KemenlindupKKP #HariLahanBasahSedunia