POHON EUCALYPTUS

A. Bioekologi

Eukaliptus (Dari bahasa Yunani: ευκάλυπτος = “tertutupi dengan baik”) adalah sejenis pohon dari Australia. Ada lebih dari 700 spesies dari Eukaliptus, kebanyakan asli dari Australia, dengan beberapa dapat ditemukan di Papua Nugini dan Indonesia dan juga sampai Filipina.

Anggota genus pohon ini dapat ditemukan hampir di seluruh Australia, karena telah beradaptasi dengan iklim daerah tersebut; bahkan tidak ada satu benua yang dapat digambarkan dengan sebuah genus pohon seperti Australia dengan eukaliptusnya.

A. Manfaat eucalyptus

Eukaliptus memiliki banyak kegunaan yang membuat mereka menjadi pohon yang penting secara ekonomi. Mungkin jenis Karri dan Eucalyptus melliodora merupakan jenis yang paling terkenal. Dikarenakan mereka cepat tumbuh dan kegunaan dari kayunya. Kayunya dapat digunakan sebagai hiasan, timber, kayu bakar, dan kayu pulp. Eukaliptus menyerap banyak air dari tanah melalui proses transpirasi. Mereka ditanam di banyak tempat untuk mengurangi water table dan mengurangi salinasi tanah.

Minyak eukaliptus siap didistilasi kukus dari daunnya dan dapat digunakan sebagai pembersih, pewangi, dan dalam jumlah kecil dalam suplemen makanan; terutama permencough drops, dan decongestants. Minyak eukaliptus juga memiki sifat menolak serangga, dan telah digunakan sebagai bahan dari penolak nyamuk komersial.

Nektar dari beberapa eukaliptus menghasilkan madu monofloral berkualitas tinggi. Daun dari ghost gum digunakan oleh suku aborigin untuk menangkap ikan. Membasahi daunnya dalam air dapat melepas pelumpuh yang melumpuhkan ikan sementara. Eukaliptus juga digunakan untuk membuat digeridoo, sebuah instrumen musik udara yang dipopulerkan oleh orang aborigin Australia.

daun dari tanaman ini kerap dimanfaatkan untuk berbagai macam hal, salah satunya adalah teh yang dapat diseduh dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, saat daunnya dikeringkan, dihancurkan, dan disuling dapat menghasilkan minyak esensial yang saat diekstraksi dan diencerkan dapat digunakan sebagai obat.

Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa manfaat dari eucalyptus untuk kesehatan tubuh, antara lain:

  • Kaya Antioksidan

Daun dari tanaman eucalyptus ini merupakan sumber antioksidan yang baik karena kandungan flavonoid. Zat tersebut dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif dan kerusakan akibat radikal bebas.

Meski tidak dapat dikonsumsi secara langsung, tetapi kamu dapat memanfaatkan daun eucalyptus utuh atau kering kerap dijadikan produk teh.Maka dari itu, mengonsumsi teh eucalyptus secara rutin sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Ada baiknya juga untuk menghindarinya dari anak-anak karena risiko keracunan yang tinggi. Kamu harus benar-benar berhati-hati agar tidak salah mengira minyaknya dengan teh karena dapat menjadi racun saat dikonsumsi. Pastikan bertuliskan label “teh eucalyptus” dan jangan pernah tambahkan minyaknya ke dalam teh.

  • Disinfeksi Luka

Daun eucalyptus juga kerap digunakan untuk mengobati luka dan mencegah infeksi, memang sudah dibuktikan oleh suku Aborigin Australia. Saat ini, minyak yang diencerkan masih dapat digunakan pada kulit untuk melawan peradangan dan mempercepat penyembuhan. Kamu dapat membeli krim atau salep yang mengandung minyak dari tanaman ini untuk digunakan pada luka bakar ringan atau cedera lainnya saat dirawat di rumah.

  • Mengatasi Kulit Kering

Minyak eucalyptus juga dapat memperbaiki kulit kering dengan meningkatkan kandungan seramida yang ada. Seramida adalah sejenis asam lemak pada kulit yang bertanggung jawab untuk mempertahankan kelembapan yang ada. Gangguan yang dapat terjadi akibat kadar seramida yang rendah adalah kulit kering, ketombe, dan beberapa kelainan kulit, seperti dermatitis dan psoriasis.

Ekstrak daun eucalyptus yang berbentuk topikal telah terbukti untuk meningkatkan produksi seramida kulit, meningkatkan kapasitas menahan air, dan membantu untuk melindungi kulit. Senyawa macrocarpal A yang ada di dalamnya dapat merangsang produksi asam lemak pada kulit tersebut. Memang terbukti jika banyak produk rambut dan kulit mengandung ekstrak dari daun eucalyptus.

  • Perawatan Gigi

Kandungan dari eucalyptus memang telah terbukti berguna sebagai antibakteri dan antimikroba, sehingga kerap digunakan pada beberapa obat kumur dan persiapan pemeriksaan gigi. Untuk meningkatkan kesehatan gigi, tanaman ini mampu melawan bakteri penyebab kerusakan gigi dan periodontitis. Pada penelitian dari Journal of Periodontology, beberapa permen karet yang mengandung ekstrak daun eucalyptus dapat meningkatkan kesehatan periodontal.

Nah, sekarang kamu tahu beberapa manfaat dari eucalyptus untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, ada baiknya untuk menggunakannya secara rutin agar segala manfaat tersebut dapat kamu rasakan. Meski begitu, penggunaan pada anak-anak alangkah baiknya mengikuti saran dari dokter guna menghindari keracunan karena risikonya terbilang tinggi.