POHON SAGA

A. Bioekologi

Klasifikasi Tanaman Saga Tanaman saga merupakan tanaman yang banayk manfaatnya. Biji saga pohon dapat dikonsumsi manusia, di beberapa daerah di Indonesia biji sagapohon dimanfaatkan untuk bahan makanan. Menurut Lukman (2007), biji saga pohon sejak tahun 1979 di desa Nagoega, kecamatan Boa Wae telah dimanfaatkan untuk bahan campuran kopi (kopi saga) dan di daerah Ende telah dimanfaatkan untuk pembuatan kecap, kopi saga, tempe saga. Biji saga pohon mengandung protein cukup tinggi sehingga dapat digunakan sebagai sumber protein nabati disamping kedele, oleh karena itu diharapkan dapat dijadikan komoditi baru dalam menunjang usaha penanggulangan kekurangan gizi dan pangan. Kadar asam amino biji sagapohon hampir mirip dengan asam amino kedele, dimana asam amino glutamate merupakan komponen tertinggi yang terkandung dalam kedua jenis tersebut

B. Manfaat saga

Saga merupakan pohon yang memiliki biji kecil berwarna merah dengan batang pohon yang tinggi, dan daun yang lebih kecil. Pohon Saga memiliki banyak fungsi, kayunya digunakan untuk bahan kayu bakar, daunnya digunakan sebagai bahan pupuk dan bijinya dapat dibuat menjadi bahan kerajinan tangan. Pohon Saga dapat hidup dengan baik di tempat-tempat yang terbuka dan terkena sinar matahari secara langsung baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, yakni pada ketinggian 1 – 600 m di atas permukaan laut. Perawatan tanaman saga tidak terlalu sulit. Untuk mendapatkan tanaman yang tumbuh dengan baik dan sehat, media tanam atau lahan yang akan ditanami harus subur, gembur, dan drainase diatur dengan baik (Juniarti, dkk, 2009). Saga pohon termasuk famili Leguminoceae, tumbuhan ini terdapat di Pulau Jawa mulai dari daerah pantai sampai ketinggian 600 mdpl. Tidak tumbuh berkelompok dan tidak begitu menuntut persyaratan tumbuh yang tinggi mengenai kualitas tanah. Habitat dan penyebaran alaminya di Srilangka, Selatan Myanmar, Indo-China, Selatan China, Thailand, seluruh daerah Malesian, Kepulauan Solomon dan Utara Australia.Saga Pohon tumbuh baik di daerah tropika, dan tidak memerlukan pemeliharaan khusus serta mampu tumbuh baik di daerah berbatu, payau ataupun di tanah alang-alang. Tanaman ini mampu tumbuh pada berbagai keadaan topografi selain itu dapat tumbuh pada berbagai kondisi tanah, mulai dari tanah kurang subur hingga tanah yang subur, serta pada tanah yang tergenang air laut/asin. (Soemartono dan Syarifuddin (1980) Selain sebagai tanaman hutan penyerap air  tanaman saga juga anavar pill bermanfaat bagi kesehatan antara lain yaitu :

  • Sebagai Antioksidan

Manfaat daun saga mengandung Luteolin atau flavonoid yang ada di banyak buah-buahan, sayuran, dan tanaman obat lainnya.  Flavonoid melindungi tanaman dari mikroba dan ancaman lingkungan lainnya, namun juga memberi kita berbagai manfaat kesehatan.Tradisi herbal di seluruh dunia menggunakan tanaman kaya luteolin untuk memperkuat sistem kekebalan, meredakan peradangan, dan bahkan

  • Meningkatkan Kognisi

“Saya terkadang menggunakan saga dengan klien yang memiliki konstitusi yang sangat lembap, istilah herbal untuk orang yang cenderung lamban dan memiliki kognisi rendah,” kata Sarah Corbett, ahli herbal klinis di Rowan + Sage.Menurutnya, elemen pemanas dan pengeringannya juga dapat membantu meningkatkan memori.Dari mencium minyak esensial dan mengalami suasana hati yang lebih baik dan kecemasan yang berkurang, saga bisa menjadi apa yang diperintahkan dokter.

  • Memiliki Manfaat Tambahan bagi Wanita

Dalam pengobatan tradisional, orang menggunakan saga sebagai cara alami untuk mengatasi hot flashes saat menopause.Untuk ibu baru, manfaat daun saga dapat membantu jika kita mencoba berhenti menyusui atau memproduksi terlalu banyak ASI, meskipun keefektifannya lebih bersifat anekdot, jadi ambillah dengan sebutir garam (tidak secara harfiah).