POHON TABEBUYA

A. Bioekologi

Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus), Tabebuya kuning atau Pohon terompet emas adalah sejenis tanaman yang berasal dari negara Brasil dan termasuk jenis pohon besar. Seringkali tanaman ini dikira sebagai tanaman Sakura oleh kebanyakan orang, karena bila berbunga bentuknya mirip seperti bunga sakura. Namun kedua tanaman ini sebenarnya tidak berkerabat. Pohon tabebuya memiliki kelebihan di antaranya daunnya tidak mudah rontok, disaat musim berbunga maka bunganya terlihat sangat indah dan lebat, akarnya tidak merusak rumah atau tembok walau berbatang keras.

Tanaman Tabebuya memiliki bunga yang berbeda-beda warna. Ada warna kuning dan berbentuk terompet, ada juga yang berwarna pink, ungu, bahkan merah tua. banyak sekali varian tabebuya dari berbagai negara dalam genus handroanthus dan tabebuia dengan warna bunganya yang beraneka macam, tetapi varian yang sering dijumpai di Indonesia adalah yang bunganya berwarna kuning dengan panjang 3-11 cm, berbentuk terompet dan bergerombol.

Ada dua jenis pohon tabebuya yang populer sebagai tanaman hias pekarangan: Tabebuya kuning (Handroanthus chrysotrichus) yang pohonnya besar mencapai tinggi 8 m, dan Tabebuya merah muda (Handroanthus impetiginosus atau Handroanthus heptaphyllus) .

B. Manfaat Pohon Tabebuya

tanaman yang juga dikenal dengan nama tabebuia rosea ini tak semata menyedapkan pandangan. Bersama dengan keindahan yang ditawarkan, bunga tabebuya juga memiliki sederet manfaat. Dari sekian banyak, berikut beberapa di antaranya seperti dikutip dari berbagai sumber, Kamis (29/11/2018).

  •  Bisa Melawan Malaria

Dengan kandungan berupa naphthoquinone, bunga tabebuya yang sudah diproses menjadi obat herbal ternyata ampuh melawan penyakit malaria. Di samping itu, dengan dosis yang tepat, bunga tabebuya juga bisa memperkuat sistem imun untuk mencegah infeksi.

  • Membuat Udara di Sekitar Lebih Bersih

Bunga tabebuya yang bermekaran di bulan November ini memiliki struktur ranting rindang, serta pohon tidak terlalu tinggi. Pohon tersebut berfungsi untuk penyerapan karbon, serta polusi kendaraan. Jadi, udara sekitar bisa lebih bersih.

  • Sebagai Tanaman Hias

Dengan bentuknya yang tak sebegitu besar dan tinggi, pohon bunga tabebuya disebut cocok dijadikan tanaman hias di halaman rumah Anda. Warna bunganya yang bermunculan ketika mekar jadi bonus lain.

  • Penyembuh Luka

Daun dari pohon bunga tabebuya sering kali dimanfaatkan untuk mengobati luka, bahkan menurunkan panas. Merupakan sumber tanaman herbal, pohon ini juga dimanfaatkan sebagai penambah sel darah secara alami bagi pasien pengidap anemia.

  • Mengobati Flu

Akar pohon bunga tabebuya cenderung kering dan di beberapa negara dimanfaatkan sebagai bahan pembuat teh yang disebut tahibo. Walau rasanya kurang menyenangkan, namun minumn ini bisa mengobati flu yang sering menyerang ketika cuaca lebih dingin.

  • Dimanfaatkan Untuk Pupuk

Bunga dari pohon tabebuya dapat dijadikan sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengumpulkan bunga dari pohon tabebuya yang telah berjatuhan, kemudian diamkan selama beberapa hari. Setelah mengalami pembusukan, maka bunga tersebut bisa dijadikan pupuk.

Terlepas dari semua manfaat yang telah disebutkan di atas, penggunaan pohon bunga tabebuya sebagai pengobatan herbal bisa juga berbahaya. Pasal, komponen aktif di dalam tanaman tersebut juga mengandung racun yang bisa mematikan jika diolah dengan keliru.