Halo, Sahabat Kreators!

Pekanbaru (21/03/2022) – Menagih janji atas 3 tahun kepemimpinan Syamsuar-Edy, Aliansi Mahasiswa Universitas Riau melakukan Audiensi kepada Gubernur Riau pada Senin (21/03) pukul 10.22 WIB di Balai Serindit, Gedung Daerah Riau. Audiensi dipimpin langsung oleh Gubernur Riau didampingi Wakil Gubernur bersama Sekretaris Daerah, Kadisdik, Kadiskes, Kadis Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura, Kadis PUPR, Kadisbun, Ka.Bappeda, Kadis Perikanan dan Kelautan, Kadisperindagkop UKM, Kadisnakertransduk, Kadiskominfo, Kasatpol PP, Kaban Kesbangpol, Karo Adpim dan Karo Kesra. Turut hadir Kaharuddin HSN DM selaku Presiden Mahasiswa BEM UNRI beserta jajaran, Ketua Umum DPM UNRI, perwakilan dari BEM FMIPA, FKIP, FH, FEB dan FAPERTA.

Tiga tahun Riau dipimpin oleh pasangan Syamsuar-Edy, semenjak pelantikan yang dilaksanakan pada 20 Februari 2019 lalu. Sudah setengah periode berlalu Riau dikelola berdasarkan visi-misi yang diusung oleh Syamsuar-Edy.
Adapun visi dari pasangan Syamsuar-Edy adalah Terwujudnya Riau yang Berdaya Saing, Sejahtera, Bermartabat dan Unggul di Indonesia. Mengacu kepada Visi tersebut, ada 8 fokusan kerja yang menjadi fokus utama pasangan Syamsuar-Edy Nasution yakni Pendidikan Berkualitas, Pelayanan Kesehatan yang Lebih Baik, Pemerataan Pembangunan, Peningkatan Ekonomi Kerakyatan dan Penanggulangan Kemiskinan, Penyediaan Lapangan Kerja, Pembangunan Keagamaan, Pembangunan Pariwisata dan Budaya dan Pemerintah yang Baik Bebas KKN.
.
Perwakilan peserta audiensi menyampaikan beberapa permasalahan yang cukup krusial di Riau. Seperti tingginya angka putus sekolah, harga pupuk yang meningkat seiring dengan naiknya harga sawit, mahalnya harga minyak goreng, langkanya solar, blok rokan, infrastruktur yang belum merata dan lain sebagainya.
.
Meskipun memperoleh banyak prestasi, Provinsi Riau masih perlu evaluasi. Tiga tahun kepemimpinan Syamsuar-Edy masih dianggap sebagai kegagalan. Kini tersisa waktu 2 tahun bagi Syamsuar-Edy untuk memperbaiki dan merealisasikan visi misi yang telah dibuat 3 tahun silam.
.
Dalam audiensi ini, Aliansi Mahasiswa Universitas Riau memberikan kado dalam rangka memperingati tiga tahun kepemimpinan Syamsuar-Edy. Kado diberikan langsung oleh Kaharuddin berupa Minyak Goreng 2 Liter sebagai simbol kegagalan pemerintah terhadap oligarki. Pemberian minyak goreng juga sebagai simbol ataupun bentuk keresahan rakyat terhadap kelangkaan dan melambung tingginya harga minyak goreng yang semakin mencekik masyarakat Riau. Selain itu, Kaharuddin juga menyerahkan sebuah jam weker sebagai alarm yang akan berbunyi setiap jam 2, menandakan sisa waktu kepemimpinan Syamsuar-Edy tinggal 2 tahun lagi. Kajian strategis berjudul “Derita Panjang Masyarakat Riau 3 Tahun bersama Syamsuar-Edy” pun turut menjadi kado istimewa untuk Gubri dari Aliansi Mahasiswa Universitas Riau.
.
Kaharuddin juga memberikan 7 tuntutan kepada Syamsuar-Edy terkait kondisi Riau saat ini. Adapun isi tuntutan tersebut ialah :
1. Mendesak bapak Syamsuar-Edy untuk berkomitmen penuh dalam menuntaskan visi dan misinya di 2 tahun terkahir.
2. Mendesak Gubernur Riau untuk menuntaskan permasalahan minyak goreng dan stabilitas harga bahan pokok di wilayah Provinsi Riau dalam kurun waktu 14 hari ke depan.
3. Menuntut Gubernur Riau untuk memfasilitasi kesejahteraan SDM Riau seperti lapangan pekerjaan, beasiswa S1,S2 dan S3 serta faktor-faktor pendukung lainnya.
4. Menuntut Gubernur Riau untuk segera menentukan BUMD yang mengelola PI 10 % di Pertamina Hulu Rokan.
5. Menuntut Gubernur Riau untuk segera menyelesaikan pemerataan infrastruktur seperti jalan, jembatan, tempat ibadah dan tempat umum lainnya di daerah-daerah strategis yang ada di wilayah Riau baik di perkotaan maupun di wilayah pedesaan Provinsi Riau.
6. Menuntut Gubernur Riau untuk segera meningkatkan kualitas pendidikan baik dari segi peningkatan kualitas dan kesejahteraan guru di Riau terkhusus honorer, baik secara materil maupun non materil serta pemerataan sarana dan prasarana penunjang pendidikan di seluruh wilayah Riau.
7. Menuntut Gubernur Riau untuk berkomitmen penuh dalam memperbaiki dan melengkapi fasilitas kesehatan di daerah-daerah pedesaan.
.
Namun, kado istimewa berupa minyak goreng yang diberikan oleh aliansi ditolak oleh Gubri dengan alasan lebih baik diberikan kepada rakyat yang lebih membutuhkan. Setelah itu massa audiensi langsung bergegas meninggalkan ruangan tanpa mengambil jamuan makan siang yang telah disediakan lantaran lebih banyak rakyat yang membutuhkan makanan tersebut. (NT)
.
___◾◼️◾____
Presiden Mahasiswa : Kaharuddin HSN DM
Wakil Presiden Mahasiswa : Razali
___◾◼️◾____
.
Kementerian Sosial Politik
Kabinet Kreator Pergerakan
BEM UNRI 2021/2022
.
#BEMUNRI #KabinetKreatorPergerakan #KreatorPergerakan #BergerakBersama #BeragamSeirama #SemangatBermanfaat #KemensospolKKP #PressReleaseAudiensiAliansiMahasiswaUniversitasRiau #VisiMisiTakTerealisasiGubriSebatasJanji #RiauBanyakPersoalanPandemiJadiAlasan #RakyatDatangMenagihJanj